90 Menit Menentukan Masa Depan Menjadi CPNS

Tahun 2020 ini merupakan tahun penentuan bagi para seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menentukan masa depan mereka. Prosesi perekrutan CPNS yang dimulai pada tahun 2019 lalu dan berlangsung tahapannya hingga tahun ini.

90 menit menjadi penentuan apakah para peserta tes akan lulus atau tidak. Tes pertama bernama SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Bagian tes ini diuji tentang wawasan kebangsaan, intelegensi umum dan karakteristik pribadi. Ada standar nilai yang diukur, standar itu bernama passing grade atau ambang batas nilai kelulusan. Sistem CAT atau komputerisasi diberlakukan untuk peserta menguji kemampuan mereka.

90 menit adalah waktu yang disediakan untuk menjawab 100 soal SKD, itu baru tahapan tes pertama karena ada tahap kedua juga yang bernama SKB atau seleksi kompetensi bidang.

Untuk dapat melanjutkan tes SKB, para peserta harus mampu mencapai passing grade di tahap pertama yaitu SKD. Perasaan bercampur aduk, tegang, grogi, panik menyatu selama 90 menit untuk menjawab soal.

Ketegangan akan mencapai klimaksnya ketika mengklik selesai saat menjawab soal karena disitu nilai akan muncul, saat itulah peserta mengetahui apakah lulus passing grade atau tidak.

Raut wajah yang beragam terlihat ketika peserta keluar dari ruangan tes, ada yang bergembira, senyum sendiri, sedih hingga menangis.

Iya, 90 menit yang begitu berharga, menentukan kehidupan dikemudian hari, apakah akan lulus menjadi abdi negara atau tidak.

Hal paling penting yaitu persiapan diri menuju 90 menit. Belajar materi atau kisi-kisi soal yang akan diuji sebab lebih baik berkeringat sebelum berperang dari pada kalah saat perang.


Kesiapan penuh harus dilakukan demi menaklukan waktu 90 menit dan keluar ruangan dengan wajah berseri-seri.


90 menit menjadi waktu terpenting untuk kehidupan yang lebih baik nanti dalam melewati dua prosesi tes SKD dan SKB.

Semoga semua peserta mampu menjadi yang terbaik di dalam 90 menit berjalan dan lulus menjadi CPNS. Semoga Allah S.W.T meridhoi semua langkah usaha keras, niat yang tulus dan bersih para peserta seleksi yang bersungguh-sungguh berjuang untuk menjadi CPNS di tahun ini, amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel