Contoh Proposal Penelitian Riap Cempaka (Elmerrillia Ovalis)

Kayu cempaka telah diperdagangkan sejak lama baik dalam bentuk kayu bulat, kayu gergajian dan konstruksi jadi seperti furniture, lemari, pintu, jendela maupun rumah jadi, perahu, alat musik kolintang dan plywood. 

Kayu Cempaka banyak diperdagangkan karena memiliki kualitas yang baik dan permintaan akan kayu tersebut terutama dalam bentuk rumah jadi sangat tinggi dan telah memasuki pasaran eksport ke Eropa.

Kayu Cempaka merupakan bahan baku utama dalam konstruksi rumah panggung Minahasa atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Rumah Woloan” karena rumah panggung ini banyak diproduksi dari daerah Woloan yang terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Masyarakat Minahasa menggunakan kayu cempaka sebagai bahan baku utama untuk pembuatan rumah panggung Minahasa yang banyak diminati masyarakat di Sulawesi Utara. 

Selain kayu ini mudah untuk dibudidayakan kayu ini tergolong dalam kayu kelas awet dan kelas kuat dua yang dapat dipanen dari umur 15 – 35 tahun (Julianus dan Mahfudz, 2011).

Sejalan dengan perkembangan dan perubahan jumlah penduduk, maka berbagai tatanan kehidupan berubah dengan cepat mengikuti perkembangan dan peningkatan kebutuhan hidup masyarakat. 


Untuk mengurangi kerusakan hutan karena pemenuhan kebutuhan hidup (papan) maka kayu cempaka banyak dibudidayakan karena harga kayu lokal di Minahasa jenis cempaka mulai dari Rp. 2,7 – 3,3 juta/mᶟ.

Download Contoh Proposal Penelitian Riap Cempaka (Elmerrillia Ovalis) ( Di Sini )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel