Contoh Proposal Penelitian Etnobotani Masyarakat Desa

Indonesia merupakan negara tropis yang sudah dikenal sebagai penghasil berbagai macam komoditas sumberdaya hutan tropika, termasuk diantaranya tumbuhan obat yang didukung oleh keanekaragaman flora membuat Indonesia menjadi negara penghasil obat-obatan asal alam yang cukup potensial.

Tumbuhan obat tradisional merupakan warisan turuntemurun dari nenek moyang yang berakar kuat dalam budaya bangsa, oleh karena itu baik dalam ramuan maupun dalam penggunaanya sebagai obat tradisional masih berdasarkan pengalaman yang diturunkan generasi ke generasi baik secara lisan maupun tulisan (Dalimartha, 2000).

Penduduk pedesaan di Indonesia khususnya yang bermukim disekitar kawasan hutan, seringkali menggunakan tanaman atau tumbuhan liar yang terdapat di hutan untuk pengobatan. Sehubungan dengan kekayaan alam Indonesia yang cukup tinggi, kemudian dipadukan dengan keragaman suku bangsa akan terungkap berbagai sistem pengetahuan tentang lingkungan alam. 

Pengetahuan ini akan berbeda dari satu etnis dengan etnis lainnya karena perbedaan tempat tinggal dan dipengaruhi oleh adat, tata cara dan perilaku (Dalimartha, 2009).

 Pemanfaatan tumbuh-tumbuhan telah diwariskan secara turun temurun dari generasi sebelumnya sampai generasi sekarang. Tetapi sejalan dengan berubahnya ekosistem tempat mereka hidup, perubahan lingkungan dan arus lalu lintas, komunikasi dan informasi dari luar, menyebabkan nilai-nilai budaya yang selama ini tumbuh dan berkembang di masyarakat ikut berkembang, namun di sisi lain pengetahuan pemanfaatan dan cara meramu tumbuhan obat mengalami erosi akibat masuknya obat-obatan modern dari luar (Setyowati dan Wardah, 2007).

Pengobatan tradisional merupakan bagian dari sistem budaya masyarakat yang potensi manfaatnya sangat besar dalam pembangunan kesehatan masyarakat.

Sebagai langkah awal yang sangat membantu untuk mengetahui suatu tumbuhan berkhasiat obat adalah dari pengetahuan masyarakat tradisional secara turun temurun (Dharma, 2001). 


Desa Pastina Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula merupakan salah satu daerah yang masih menjaga tradisi leluhur dalam memanfaatkan tanaman sebagai obat untuk mengobati suatu penyakit maupun mencegah penyakit untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang Studi Etnobotani Masyarakat Desa Pastina Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka diperlukan upaya untuk menggali informasi mengenai jenis-jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat secara tradisional oleh masyarakat di Desa Pastina,Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula.

Download Contoh Proposal Penelitian Etnobotani Masyarakat Desa ( Di Sini )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel