Mengapa Tidak Lulus Passing Grade Seleksi CPNS ? Tanya Saja ke Diri Sendiri

Ada sebuah kejadian lucu pada proses tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS tahun ini. Pada sebuah akun media sosial halaman facebook CPNS salah satu pemerintahan daerah, ada seseorang yang bertanya pada admin melalui postingannya di laman facebook tersebut, pertanyaannya sebagai berikut :

" Mohon maaf admin..
Ini kanapa disetiap sesi yg lulus paling 1 atau 2 peserta  ?
Bahkan untuk hari ini di sesi 1 dan 2 seng ada yg lulus sama skali padahal tahun lalu yg passing grade lebe tinggi saja banya yg lulus...

Mungkin soalnya lebe susah atau apa..?
Hanya ingin bertanya "

Pelaksanaan tes SKD telah berlangsung selama tiga hari dan terdiri dari beberapa sesi setiap hari. Pada tahun ini termasuk sedikit yang lulus pada tiap sesi pelaksanaan tes SKD tersebut, itulah penyebab munculnya pertanyaan dari salah satu pengikut halaman facebook CPNS daerah itu.

Ketika membaca pertanyaan itu, saya memberikan tanggapan lucu dan terjadi secara spontan begitu membaca pertanyaan tersebut.

Lucu karena, si penanya tidak mengikuti perkembangan informasi seleksi CPNS tahun dengan baik. Pertanyaan itu seharusnya tidak ditanyakan oleh seseorang yang menurut saya berpendidikan tinggi.

Padahal tingkat kelulusan tahun lalu lebih rendah dengan tahun ini, tahun ini lebih banyak yang lulus passing grade. Selain itu, tingkat kesulitan soal juga berbeda di tiap wilayah Indonesia. Itulah kenapa saya katakan kurang informasi si penanya.

Jika ditanya mengapa banyak peserta tes SKD yang tidak lulus passing grade ? ya, itu tergantung pribadi masing-masing dong ! 😂


Sudah banyak kisi-kisi soal SKD yang banyak beredar di youtube dan internet, kita cukup membaca, menonton dan belajar lebih banyak tentang kisi-kisi tersebut. Bahkan pada peraturan pemerintah terkair CPNS juga telah disebutkan kisi-kisi.

Baca : Mencapai Nilai Passing Grade Belum Tentu Lulus SKD dan Jadi CPNS

Banyak belajar agar dapat lulus CPNS, semua usaha dan doa yang maksimal dan usaha keras yang dilakukan pasti akan membuahkan hasil yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel