7 Cara Mengatasi Stres yang Sering Dialami Dengan Mudah

Stres merupakan gangguan mental yang terjadi pada diri manusia karena tekanan yang berlebihan. Setiap orang pasti pernah atau sering mengalami gangguan mental seperti ini. Sering disebabkan oleh banyaknya masalah pribadi yang dihadapi, keluarga dan masalah perkejaan. Banyak sekali penyebab yang dapat memicu timbulnya stres pada diri manusia.

Gangguan psikologi seperti ini jangan dianggap sepele karena jika dibiarkan akan mengarah pada depresi, bahkan si penderita mampu melakukan hal-hal buruk di lingkungan sekitarnya. Stres bisa terjadi kapan dan di mana saja dalam segala aktivitas kita sehari-hari.

Salah dampak buruk dari stres yang sering terjadi yaitu terhambat atau terganggunya segala urusan atau kesibukkan yang rutin dilakukan seperti akibat stres yang berkepanjangan orang jadi malas atau terlambat untuk pergi ke tempat kerja, suka menyendiri dan malas berkumpul dengan banyak orang. Jadi sebaiknya perlu dilakukan cara-cara yang tepat untuk mengatasinya ketika terjadi pada diri anda.


Cara Mengatasi Stres Dengan Tindakan yang Mudah


Berikut ini ada cara yang dapat dilakukan dengan mudah agar mampu mengatasi, mengurangi atau menghilangakn stres yang dialami.

1. Beribadah


Sebagai orang yang beragama, cara pertama yang harus dilakukan ketika mengalami tekanan mental atau stres yaitu beribadah menurut ajaran dan keyakinan masing-masing di Indonesia. Bagi yang bergama Islam, pergilah Shalat ke Masjid sambil mendengarkan ceramah-ceramah dari tokoh agama. Dengan begitu pikiran kita akan menjadi lebih tenang mulai dari berwudhu, shalat sampai mendengarkan pencerahan kehidupan dari tokoh agama.

2. Jalan-jalan


Jalan-jalan ke tempat kesukaan anda juga sangat membantu menghilangkan stres yang sedang dialami. Misalnya seseorang yang senang dengan pantai maka dapat pergi ke pantai untuk mengatasi stres sebab ketika anda berada di sana, hati anda akan menjadi bahagia dan pikiran anda menjadi lebih tenang, dengan begitu dengan sendirinya stres akan hilang.

Bagi anda yang suka dengan alam terbuka, maka dapat memilih perjalanan ke tempat rekreasi bernuansa alam sehingga anda dapat bersenang-senang sambil menghirup udara segar dan menikmati keindahan alam.

Ada seorang pendaki yang suka pergi ke gunung, ketika mengalami tekanan mental maka dia akan memilih mendaki gunung untuk menghilangkan stres.

3. Berkumpul dengan keluarga


Jika anda mengalami tekanan terkait dunia pekerjaan hingga menimbulkan stres, maka anda dapat memilih untuk istirahat sebentar dan berkumpul dengan orang-orang tersayang di rumah. Bisa juga ajak mereka jalan-jalan. Berkumpul bersama keluarga sambil jalan-jalan ke tempat rekreasi akan sangat membantu menghilang stres akibat pekerjaan.

4. Istirahat dengan baik


Salah satu pemicu seseorang mudah mengalami stres yaitu kurangnya istirahat. Orang yang kurang istirahat akan menyebabkan kelelahan saat beraktivitas, dari situlah membuat pikiran atau mental kita menjadi sangat rentan untuk stres.

Istirahat dengan sebaik-baiknya sehingga tubuh anda benar-benar prima dan siap beraktivitas lagi seperti biasa. Dengan keadaan fisik yang optimal maka jiwa akan lebih baik dan tidak mudah stres.

5. Berkumpul dengan sahabat


Ketika anda berada jauh dari keluarga maka sahabat menjadi keluarga terdekat untuk dapat diajak jalan bersama. Sahabat juga menjadi orang terdekat yang dapat berbagi keluh kesah. Ajaklah sahabat terbaik anda untuk jalan-jalan atau nongkrong bersama.

6. Lakukan Olahraga


Masih ingat penyataan tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat ? nah, stres merupakan gangguan yang terjadi pada mental atau jiwa kita jadi dengan berolahraga dapat membantu jiwa menjadi kuat sehingga tidak mudah stres atau menghilangkan stres yang sedang dialami.

7. Lakukan meditasi


Ada juga para pakar yang menganjurkan untuk lakukan meditasi demi menghilangkan stres yang dialami. Sebenarnya hal ini sudah termasuk pada point 1 di atas yaitu beribadah namun anda dapat melukan keduanya demi mendapatkan dampak positif yang lebih baik lagi.

Lakukan meditasi beberapa menit atau jam, dengan meditasi akan mampu memusatkan pikiran sehingga menjadi lebih fokus dan tenang.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Stres yang Sering Dialami Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel