Cara Mudah Menentukan Ukuran Pas Foto di Photoshop Dalam 1 Menit

Pas foto dengan latar belakang warna umum yaitu merah dan biru diperlukan oleh siapa saja ketika akan melamar suatu pekerjaan karena salah satu syarat yang harus tersedia dalam berkas lamaran yaitu pas foto dengan ukuran yang telah ditentukan. Biasanya ukuran pas foto yang sering digunakan yaitu 3x4 dan 4x6 sedangkan 2x3 jarang digunakan dan hanya pada hal-hal tertentu saja.

Saat saya menulis ini, bertepatan dengan penerimaan CPNS yang dilakukan oleh pemerintah dengan membuka pendaftaran secara online, jadi semua berkas yang termasuk dalam persyaratan akan discan lalu diunggah atau diupload secara online. Banyak persyaratan yang harus disiapkan seperti ijazah, transkrip nilai, KTP dan yang pastinya pas foto.

Ukuran pas foto yang diminta bisa saja berbeda untuk masing-masing instansi yang menerima pendaftaran CPNS sehingga perlu dibuat ukuran pas foto yang sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Hampir sebagian besar para calon pendaftar CPNS telah memiliki pas foto dan dapat disesuaikan ukurannya sesuai permintaan panitia seleksi CPNS. Jadi kita harus membuat atau menentukan ulang ukuran pas foto yang telah kita miliki.

Cara membuat ukuran pas foto dengan Photoshop


Selama ini saya selalu membuat ukuran pas foto menggunakan aplikasi photoshop. Aplikasi sudah tidak asing lagi, hampir semua orang mengetahuinya bahkan menggunakannya. Aplikasi edit foto yang sudah cukup terkenal sejak dulu.

Anda dapat memiliki aplikasi Photoshop (PS) dengan mendownloadnya atau meminta ke teman-teman yang memiliki aplikasi ini di komputer mereka.

Buka aplikasi photoshop di komputer/laptop anda dan masukkan pas foto yang akan dibuat ukurannya melalui menu file, open dan pilih foto

Cara Mudah Menentukan Ukuran Pas Foto di Photoshop

Kemudian pilih menu image dan image size (ukuran gambar)


Selanjutnya tinggal tentukan ukuran pas foto yang diinginkan


Pilih satuan tinggi dan lebar menjadi cm (centimeter) karena ukuran pas foto menggunakan satuan tersebut.

Height adalah tinggi foto dan width merupakan lebar foto. Jadi, jika akan membuat pas pas foto berukuran 4 x 6 maka Height bernilai 6 dan width bernilai 4. Begitu selanjutnya untuk ukuran foto yang lain.

Setelah selesai menentukan ukuran pas foto, klik OK untuk mengakhiri.

Baca juga : Cara Edit Gambar Untuk Favicon Blog di Photoshop

Silahkan simpan pas foto yang telah jadi ukurannya dengan masuk ke menu file kemudian save as dan pilih format jpg atau yang lain.


Kini anda telah memiliki ukuran pas foto yang sesuai dengan keinginan anda atau persyaratan saat melamar pekerjaan maupun dalam urusan pekerjaan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menentukan Ukuran Pas Foto di Photoshop Dalam 1 Menit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel