Cara Edit Gambar Untuk Favicon Blog di Photoshop

Cara Edit Gambar Untuk Favicon Blog di Photoshop - Gambar favicon blog merupakan gambar yang terlihat pada jendela browser halaman di laptop, komputer dan perangkat yang mendukung tampilnya gambar favicon blog/website selain HP sebab gambar favicon blog tidak akan terlihat ketika kita membuka sebuah situs blog atau website menggunakan perangkat HP.

Anda pasti sering melihat gambar favicon tapi mungkin saja belum mengetahuinya. Seperti terlihat pada blog Ato Menulis ini di bagian atas jika anda sedang membaca postingan ini menggunakan laptop atau komputer.



Pada tulisan ini saya belum membahas bagaimana cara membuat gambar favicon yang siap pasang di blog tapi cara menyiapkan gambar favicon terlebih dahulu sebelum mulai melakukan proses pemasangan di blog karena proses dalam pembuatan gambar favicon untuk digunakan pada blog/website memerlukan gambar yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Saya biasanya menyiapkan gambar untuk dijadikan favicon blog dengan cara mengedit terlebih dahulu menggunakan photoshop. Aplikasi photoshop dapat anda download secara gratis di internet atau bagi anda yang telah memiliki aplikasi ini, dapat langsung menggunakannya untuk mengedit gambar favicon agar siapkan digunakan.

Cara Edit Gambar Untuk Favicon Blog di Photoshop


Gambar favicon pada setiap blog berbeda-beda tergantung keinginan dari masing-masing blogger atau admin blog. Ada yang hanya menggunakan sebuah inisial huruf dan ada juga yang menggunakan gambar atau simbol.

Gambar favicon yang berupa simbol atau gambar seperti anda lihat pada situs youtube dan google adsense sedangkan yang menggunakan inisial atau huruf sebagai gambar favicon seperti terlihat pada blog ini, facebook dan google.

Pada postingan edit gambar favicon ini, saya akan membuat contoh menggunakan inisial seperti pada blog saya ini yang memakai huruf a yang berarti Ato sebagai nama sapaan saya.

Syarat gambar favicon agar dapat digunakan pada blog


Syarat membuat gambar favicon harus dipenuhi agar agar gambar yang kita buat dapat dipasang di blog, syarat menjadi gambar favicon seperti :

1. Gambar berukuran panjang dan lebar yang sama

Maksud gambar berukuran sama seperti 16x16, 32x32, 48x48, 64x64 dan 128x128. Saya menyarankan menggunakan ukuran 16x16 agar kapasitas gambar tidak besar sebab akan menjadi salah satu faktor blog menjadi berat saat diakses.

2. Format gambar

Format gambar favicon yang dapat pakai yaitu jpg, png, bmp dan gif. Saya lebih senang menggunakan format png sebab bagi saya ukuran filenya akan menjadi sangat kecil dan tidak menambah beban loading blog.

Edit gambar favicon di photoshop


Buka aplikasi photoshop, lalu buat file baru untuk mengatur ukuran gambar. Masuk ke menu file - new, rubah satuan menjadi cm dan tentukan ukuran 16 x 16

Cara Edit Gambar Untuk Favicon Blog di Photoshop

Selanjutnya tulis inisial dengan klik huruf T, pilih model huruf dan sesuaikan warna huruf, perhatikan gambar di bawah


Agar gambar favicon menjadi lebih efektif dalam format PNG maka hilangkan latar gambar yang berwarna putih dengan cara pilih magic erase tools dan geser arah panah ke warna latar kemudian klik untuk menghilangkan warna latar gambar.


Jika sudah sesui keinginan anda untuk gambar favicon yang akan digunakan pada blog, silahkan simpan gambar menjadi format PNG dengan cara pilih menu file, save as lalu pilih tempat penyimpanan di komputer atau tekan CTRL + Alt + S


Anda telah memiliki gambar yang akan digunakan menjadi favicon blog. Selanjutnya buat gambar tersebut menjadi favicon dan gunakan pada blog anda. Baca : Cara Buat Gambar Favicon Blog Dalam Waktu 1 Menit dan Siap Digunakan

Belum ada Komentar untuk "Cara Edit Gambar Untuk Favicon Blog di Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel