Tips Menghadapi Ujian Proposal Penelitian Untuk Mahasiswa Agar Lulus Dengan Mudah

Tips Menghadapi Ujian Proposal Untuk Mahasiswa - Setiap mahasiswa yang berada di perguruan tinggi pasti akan menghadapi yang namanya ujian proposal penelitian pada tahapan untuk memulai penelitian demi meraih gelar sarjana sebagai kelulusan dari kampus. Pada postingan ini saya tidak membahas secara detail terkait proposal yang dibuat tapi bagaimana cara agar dapat lulus ujian proposal penelitian yang akan anda hadapi.

Ujian proposal penelitian merupakan tahap awal penyusunan skripsi mahasiswa, setelah dinyatakan lulus oleh penitia ujian melalui nilai-nilai yang diberikan oleh penguji maka mahasiswa tersebut diperkenan untuk memulai penelitiannya. Namun sebaliknya jika tidak lulus ketika ujian proposal karena belum mampu menjelaskan terkait penelitian yang akan dilakukakan maka mahasiswa tersebut akan mengulang kembali.

Anda sebagai mahasiswa pasti menginnginkan agar lulus ujian proposal dan secepatnya melakukan penelitian dan ujian hasil penelitian lalu skripsi dan wisuda.

Baca juga : 5 Tips Memilih Judul Proposal Penelitian Mahasiswa Dengan Mudah

Subtansi dari proposal penelitian berada pada latar belakang dan metodologi, kedua bagian ini merupakan kunci agar anda dapat dinyatakan lulus dalam ujian proposal penelitian. Maksud dan tujuan dari ujian proposal yaitu kita menjelaskan kepada para dosen tentang apa yang akan diteliti jadi anda harus sangat memahami latar belakang dan metodologi.

Latar belakang menjadi alasan mengapa sehingga anda memilih untuk melakukan penelitian tersebut sedangkan metodologi terkait metode apa yang akan dipakai dalam pengambilan data, menganalisis, lama waktu penelitian dan teknik-teknik yang akan dilakukan saat penelitian.

Mengapa anda melakukan penelitian ini ?

Pertanyaan yang selalu hadir dalam ujian proposal penelitian yaitu alasan anda memilih penelitian tersebut. Jadi baca dan pahami dengan baik latar belakang yang anda buat, bukan saja secara teks melainkan analisis anda sendiri secara luas.


Cari alasan yang tepat dan rasional untuk menjawab pertanyaan tersebut karena latar belakang merupakan dasar penting sebuah penelitian layak untuk dilakukan atau tidak. Anda dapat membaca jurnal-jurnal penelitian yang berhubungan dengan penelitian anda kemudian lihat kenyataan yang terjadi pada lokasi yang penelitian sehingga dapat membaca kebutuhan yang harus dilakukan dengan penelitian tersebut.

Misalnya penelitian tersebut belum pernah dilakukan pada daerah yang anda tuju atau penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya, bisa juga lokasi penelitian tersebut membutuhkan data analisis untuk kebutuhan pembangunan daerah dan lain sebagainya.

Metodologi penelitian

Anda harus sangat paham apa yang akan anda lakukan dalam penelitian tersebut serta prosedur dalam penelitian. Ketahui juga metode analisis data yang akan digunakan, latihan menggunakan analisis tersebut agar anda benar-benar paham.

Anda juga dapat melakukan pra penelitian sehingga ketika ujian proposal anda sudah sangat paham apa saja yang harus dilakukan ketika berada di lapangan. Perbanyak diskusi atau konsultasi dengan dosen pembimbing hingga menjadi sangat paham.

Baca juga : Cara Menghadapi Ujian Seminar Hasil Penelitian Bagi Mahasiswa Agar Lulus

Latar belakang dan metodologi penelitian merupakan hal yang harus anda kuasai ketika menghadapi ujian proposal penelitian serta mampu menjawab semua pertanyaan terkait kedua hal tersebut. Untuk tinjauan pustaka dan daftar pustaka dapat diperbaiki ketika selesai ujian sebab ujian proposal lebih kepada apa yang akan dilakukan saat penelitian sudah sesuai dengan prosedur atau belum.

Jika anda sangat kuasai latar belakang dan metodologi dengan baik maka dapat dipastikan anda akan memperoleh nilai yang bagus dan dapat melanjutkan pada tahap penelitian lapangan, selamat belajar dan tetap semangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel