Mengutamakan Kecepatan Blog Atau Tulis Postingan Setiap Hari ?

Kecepatan Blog Atau Tulis Postingan Setiap Hari ? - Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menganalisis teori-teori dalam mengelola perkembangan blog/website yang banyak dibahas oleh para blogger terkait SEO atau kemampuan blog untuk berada di laman satu google dan mendatangkan banyak visitor atau pengunjung.

Banyak blogger yang memberikan tips agar memperhatikan kecepatan blog dalam meningkatkan performa blog lebih baik di pencarian google dan ada juga istilah yang tidak asing dalam dunia blogger yaitu konten adalah raja. Konten yang dimaksudkan yaitu postingan blog.

Sehingga akan muncul pertanyaan, mana yang harus diutamakan ? kecepatan blog atau rajin menulis postingan setiap hari.

Saya akan memulai dengan membahas contoh-contoh kasus yang ada misalnya situs-situs berita terkenal di Indonesia seperti detikcom dan Tribun News. Kedua situs berita tersebut hampir semua postingan mereka menduduki halaman pertama google ketika orang-orang di Indonesia mencari berita-berita terbaru. Bisa dikatakan teknik SEO mereka sangat luar biasa sehingga mampu mendominasi di setiap mesin pencarian internet.

Apakah kecepatan situs mereka di google baik ? kita lihat tes kecepatan di google berikut ini :



Jika dilihat kecepatan kedua situs ternama di atas memiliki kecepatan yang tidak terlalu baik tapi mampu merajai halaman satu google dalam banyak postingan berita mereka.

Keseimpulan dari contoh situs di atas yaitu mereka tidak terlalu fokus pada kecepatan blog tapi menulis postingan setiap hari dalam jumlah yang sangat banyak. Setiap hari situs berita detikcom dan tribunnews menulis tentang perkembangan dan apa saja yang terjadi di Indonesia. Jadi dapat dikatakan konten adalah segalanya.

Baca juga : Cara Cek Kecepatan Blog di Google Page Speed Insights dan GTmetrix

Jadi apakah kecepatan blog tidak terlalu penting untuk perkembangan sebuah blog atau website ? tunggu dulu, masih ada contoh kasus lain yang akan kita lihat terkait mengutamakan kecepatan blog.

Saya akan mengambil contoh sebuah blog ternama di Indonesia dan semua blogger pasti mengenal blog milik Mas Sugeng dengan alamat Sugeng.Id. Mas Sugeng terkenal dengan template-template blog yang dia buat dan laku terjual dipasaran dalam kalangan blogger. Salah satu template buatannya yang saya pakai saat ini yaitu VioMagz.

Blog Mas Sugeng sangat baik terkait SEO dan mampu berada di halaman satu blog tentang postingan-postingan terkait blog. Apakah blog tersebut membuat postingan setiap hari ? jawabannya tidak !


Mas Sugeng termasuk blogger yang jarang sekali membuat postingan terbaru namun mampu bersaing dengan blog-blog lain di halaman pertama google.

Apa yang membuat blognya mampu bersaing dengan blog lain di halaman satu google ? jawabannya yaitu kecepatan blog. Kita lihat kecepatan blog mas Sugeng


Kecepatan blognya sangat baik karena berada di angka 92. Jadi kecepatan blog juga mempengaruh SEO untuk perkembangan sebuah blog. Jadi kesimpulan dari contoh kasus blog mas Sugeng yaitu kecepatan blog sangat diutamakan.

Masih bingung apa itu SEO ? baca : Pengaturan Dasar SEO Pada Dashboard Blogspot Untuk Perkembangan Blog

Membuat postingan setiap hari atau mengutamakan kecepatan blog


Dari contoh-contoh kasus blog dan website di atas kita dapat mengalisi bahwa, jika sebuah blog/website rajin membuat postingan setiap hari maka dengan sendirinya akan mampu bersaing dan menduduki laman pertama google, apa lagi membuat postingan dalam jumlah yang banyak.

Banyak blog-blog yang saya temukan saat berselancar di internet yang demikian, kecepatan blog mereka termasuk kategori kurang baik tapi mampu bersaing dengan blog-blog lain.

Jika anda jarang membuat postingan di blog atau tidak konsisten menulis setiap hari maka hal terpenting yang harus diperhatikan yaitu mengatur kecepatan blog secara maksimal sehingga meskipun jarang melakukan update postingan tapi SEO blog tetap baik dan mampu bertahan dan postingan blog ada di halaman pertama mesin pencarian google.

Namun, alangkah baiknya jika kita mengutamakan kedua prinsip dasar SEO ini yaitu membuat postingan setiap hari dan mengatur kecepatan blog sebaik mungkin. Dengan begitu kita mampu menerapkan secara bersamaan teknik SEO dengan baik dan blog kita dapat dengan cepat berkembang menjadi blog terkenal.

Semoga analisis tentang Kecepatan Blog Atau Tulis Postingan Setiap Hari ini dapat menambah pengetahuan di dunia blogger bagi teman-teman sesama blogger, jika ada yang kurang atau perlu ditambahkan silahkan berkomentar dan kita saling diskusi.

Belum ada Komentar untuk "Mengutamakan Kecepatan Blog Atau Tulis Postingan Setiap Hari ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel