Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham Apa yang Dipelajari

Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham - Ada sebuah peribahasa yang mengatakan buku adalah jendela dunia maka siapa yang rajin membaca buku dia akan mengetahui banyak hal tentang dunia. Mungkin ada yang akan mengatakan bahwa sekarang sudah serba digitalisasi artinya semua bahan bacaan dapat kita dapatkan di internet. Memang benar, banyak sekali ilmu pengetahuan yang saat ini dapat diakses melalui internet namun perlu diketahui juga bahwa semua materi yang ada di internet tidak begitu lengkap seperti yang ada di buku.

Dengan membaca buku kita akan mampu memahami secara lengkap dan jelas penjelasan penulis tentang apa yang kita pelajari mulai dari pengantar, isi penjelasan sampai akhir atau penutup. Dengan membaca buku kita lebih memahami materi bacaan kita ketimbang hanya membacanya melalui internet sehingga buku tetap menjadi yang terbaik dalam menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Membaca buku juga memerlukan cara yang baik dan benar agar apa yang kita baca dapat diserap dengan baik oleh otak sehingga kita mampu memahami dan menjelaskannya kembali kepada orang lain terkait apa yang sudah dibaca.

Jika hanya sekedar membaca tanpa trik khusus dalam belajar maka bisa saja kita akan sulit memahami isi atau penjelasan yang ada di dalam buku tersebut. Itulah mengapa terkadang kita temui orang yang sering membaca tapi sering kesulitan untuk menjabarkannya atau menjelaskannya secara mendalam.

Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham


Ada beberapa cara membaca yang dapat dilakukan agar aktivitas membaca kita menjadi efektif dalam memahami isi bacaan :

1. Baca apa yang anda sukai


Masing-masing orang memiliki kesukaan tema buku yang berbeda-beda yang senang membaca novel, komik, filsafat, politik, sosial, hukum dan lain-lain. Bacalah apa yang anda sukai dari situlah anda akan sangat menikmati dan paham apa yang dibaca.

Jika anda senang mempelajari tentang ilmu sosial maka sudah seharusnya yang anda baca adalah buku-buku terkait teori sosial agar anda menikmati apa yang dibaca. Sesuaikan bahan bacaan dengan kesukaan anda terhadap suatu ilmu pengetahuan karena anda tidak akan fokus dan menikmati bacaan yang tidak anda sukai. Ada juga orang yang menyukai lebih dari satu ilmu pengetahuan maka dia sering membaca banyak buku-buku yang berbeda.

2. Mulai membaca dari awal


Agar kita mampu dengan cepat memahami buku yang dibaca maka mulailah membaca dari awal seperti biografi penulisnya, pengantar tema pertama sampai selesai. Jangan membaca sepenggal-sepenggal atau loncat karena anda akan kesulitan memahami sebuah penjabaran yang salin terkait dari halaman awal sampai akhir.

3. Tentukan waktu membaca


Membaca memerlukan konsentrasi yang baik dan suasana sekitar yang tenang atau tidak berisik karena untuk dapat cepat memahami buku-buku yang kita baca akan sulit tercapai jika kita membaca buku pada lingkungan yang ribut.


Oleh karena itu atur waktu yang tepat untuk membaca. Waktu yang tepat bagi setiap orang berbeda-beda, inti dari waktu yang tepat yaitu waktu dimana anda benar-benar berada dalam situasi tenang dan tidak berisik saat membaca.

Ada sebagian orang yang senang membaca saat tengah malam atau menjelang pagi, ada juga yang membaca saat pagi hari dan sore hari. Semua orang berbeda waktu yang tepat untuk membaca, maka tentukan waktu yang baik bagi anda untuk membaca buku.

4. Sediakan kamus ilmiah


Cara membaca dengan didampingi bersama kamus ilmiah merupakan kebiasaan yang saya lakukan ketika membaca buku, anda juga dapat menerapkan cara membaca seperti ini karena terkadang dalam kata-kata isi buku menggunakan kata ilmiah yang membuat kita kebingungan. Nah, dengan adanya kamus ilmiah kita dapat mencari arti kata yang sulit dan memahaminya sehingga alur bacaan kita menjadi teratur dan sistematis dalam mencerna isi bacaan.

5. Membaca buku bersama seorang teman


Anda juga dapat membaca buku bersama seorang teman yang juga menyukai bahan bacaan yang sama. Namun bukan berarti satu buku dibaca berdua melainkan masing-masing dengan buku sendiri. Manfaat membaca buku bersama ini akan lebih mempermudah untuk saling bertanya ketika kita mengalami kesulitan dalam memahami isi buku.

6. Terapkan apa yang dibaca


Tujuan utama membaca buku yaitu menjadi paham dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Membaca buku seyogyanya kita membaca pikiran penulis yang masih dalam wilayah teori maka untuk lebih memahaminya kita perlu mempraktekkannya dalam kehidupan kita sehingga kita akan semakin menjadi paham apa yang kita baca atau pelajari.

Baca juga : Literasi Bukan Saja Tentang Berbicara, Buku dan Membaca Tapi Lebih Dari Itu

Itulah 6 cara membaca buku agar cepat memahami apa yang dipelajari dengan mudah, jika kita mampu menerapkan cara membaca yang baik maka kita akan mampu memahami isi bacaan lalu menjelaskannya kembali kepada orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel