2 Cara Memperkecil Kualitas Gambar HD Untuk Keperluan Khusus

Cara Memperkecil Kualitas Gambar HD - Bagi kebanyakan orang pasti sangat menginginkan dapat memiliki foto atau gambar berkualitas tinggi (HD) karena dengan mendapatkan gambar berkualitas baik maka foto akan akan terlihat sangat indah dan menarik. Hal inilah yang membuat orang berusaha memiliki kamera-kamera dengan spesifikasi bagus dan mahal demi memperoleh hasil pengambilan gambar yang sangat baik termasuk smartphone yang memiliki kamera terbaik.

Namun pada situasi dan kondisi tertentu, kita malah diharuskan untuk memperkecil kapasitas atau kualitas gambar HD yang kita miliki. Misalnya saat melakukan pendaftaran masuk ke perguruan tinggi, melamar menjadi CPNS dan melamar di perusahaan. Saat ini hampir semua sistem penerimaan pegawai negeri dan swasta telah dilakukan secara online. Peserta diwajibkan mendaftar secara online dengan mengirim hasil scan berkas yang menjadi persyaratan seperti ijazah, transkrip nilai, pas foto dan lain-lain.


Dari semua persyaratan yang diminta dalam melamar menjadi CPNS atau pegawai swasta, mudah saja karena semua perserta telah memilikinya dan hanya tinggal melakukan scan untuk menjadi file jpg dan mengirim secara online ke panitia penyelenggara perekrutan pegawai.

Namun, ada satu syarat penting yang banyak orang tidak mengiranya yaitu batas maksimal ukuran kapasitas file gambar atau foto yang akan dikirim. Pengalaman saya, batas maksimum file biasanya 1 Megabyte (MB).

Pernah suatu hari, seorang teman saya mendaftar CPNS dan dia kesulitan untuk mengompres atau memperkcil ukuran fotonya dengan batas maksimum kapasitas foto 1 MB sehingga harus diperkecil menjadi ukuran di bawah 1 MB. Dia lalu menghubungi saya untuk membantunya. Kemudian saya melakukannya dengan 2 cara memperkecil kapasitas foto yang sering saya lakukan.

Selain untuk keperluan melamar pekerjaan, memperkecil ukuran foto atau gambar juga sangat diperluakan oleh blogger seperti saya dalam membuat postingan di blog karena demi menjaga kecepatan blog maka file gambar yang dimasukkan ke dalam artikel perlu untuk diperkecil kualitasnya tanpa harus mengganggu kecerahan foto.

Cara Memperkecil Kualitas Gambar HD


Ada 2 cara yang saya gunakan untuk memperkecil ukuran kapasitas file yaitu :

Mengurangi Kapasitas Gambar dengan Photoshop


Aplikasi photoshop merupakan sebuah aplikasi yang khusus untuk mengedit foto atau gambar. Photoshop sangat terkenal dan digunakan banyak orang. Namun, selain fungsi edit dan desain spanduk atau baliho, aplikasi juga dapat digunakan untuk mengurangi kapasitas foto dengan sangat mudah dan cepat.

Buka aplikasi photoshop lalu masukkan foto dengan cara klik file lalu open kemudian pilih foto atau gambar yang akan dikompres pada folder penyimpanan.


Setelah gambar berhasil dimasukkan, kemudian langsung saja simpan gambar dengan cara klik file - save as - pilih format gambar yang diinginkan kemudian pilih folder tempat penyimpanan lalu klik OK. Tahap penting untuk memperkecil kapasitas gambar di sini adalah setelah mengklik OK maka akan tampil seperti ini :


Untuk mengurangi kapasitas kualitas foto, geser tanda yang telah pada gambar di atas, ke kiri untuk mengurangi kualitas dan kanan untuk menambah kualitas gambar atau foto. Silahkan di geser sesuai ukuran kapasitas foto yang anda butuhkan.

Mengurangi Kapasitas Foto dengan Tools Paint


Tools paint merupakan tools bawaan windows jadi anda tidak perlu takut untuk mencari aplikasi ini karena sudah disediakan oleh windows dan jarang orang menggunakannya, padahal memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi kualitas gambar tanpa mengganggu kejelasan gambar yang dilihat.

Selain mengurangi kapasitas gambar atau foto, tools ini juga dapat digunakan untuk melakukan screenshot (SS) melalui tampilan laptop dan komputer.


Klik tools paint dan akan terbuka, lalu buka foto atau gambar yang akan anda perkecil kapasitasnya, setelah terbuka tekan CTRL + PrtSc Break pada papan keybord.


Lalu kembali ke aplikasi paint dan paste atau tekan CTRL + V


Rapikan foto dengan dengan cara crop atau potong sesuai tampilan foto yang sebenarnya setelah selesai klik save dan pilih format file dan simpan pada folder penyimpanan anda.

Ternyata mudah cara memperkecil kapasitas foto berukuran HD untuk keperluan tertentu, cara ini yang sering saya gunakan selama ini dan hasilnya sangat baik menurut saya dan orang-orang yang saya bantu juga cukup puas dengan hasil kompres foto mereka.

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Memperkecil Kualitas Gambar HD Untuk Keperluan Khusus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel