Kantung Semar (Nepenthes Sp) Juga Ada di Halmahera, Maluku Utara

Kantung Semar (Nepenthes Sp) Juga Ada di Halmahera, Maluku Utara -  Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya ketika melakukan perjalanan di hutan atau pegunungan Halmahera, tepat di desa lelilief, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah.

Ada urusan terkait dengan pekerjaan saya yang dilakukan pada hutan tersebut yang berada di bagian utara desa Lelilief atau belakang desa tersebut dengan jarak sekitar 10 km jdl (jarak datar lurus) dari desa. Saat berjalan menyusuri hutan dengan topografi yang lumayan menguras tenaga. 

Pemandangan menarik dan membuat kaget ketika melihat tumbuhan Kantung Semar atau Nepenthes Sp. Kaget karena selama ini saya hanya melihat tumbuhan tersebut di daerah Sulawesi dan baru kali ini yang melihat di hutan Maluku Utara tepatnya di Halmahera Tengah.

Nepenthes Sp termasuk dalam daftar tumbuhan yang dilindung dalam UU Sumber Daya Hayati. Sudah sering saya keluar masuk hutan di daerah Halmahera ini namun baru kali ini mendapatkan Kantung Semar.

Terkait jenis atau spesis, saya sendiri belum mengetahui secara detail karena perlu dilakukan identifikasi lebih lanjut dalam lingkung Taksonomi Tumbuhan karena Kantung Semar sendiri terdapat banyak jenisnya.

Kantung Semar yang saya temukan berada pada topografi kemiringan kategori agak curam sampai curam, pada ketinggian ± 656 mdpl.

Nah, tulisan bersifat informasi bagi siapa saja yang tertarik untuk melakukan penelitian jenis Kantung Semar (Nepenthes Sp) yang ada di Halmahera Tengah ini, baik akademisi, mahasiswa atau ilmuan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel