Apa Itu Spiritual Awakening (Kebangkitan Spiritual) ?

Belakangan ini kita mulai sering mendengar kalimat Spiritual Awakening atau sering juga disebut Kebangkitan Spiritual. Bagi anda yang belum pernah mendengar istilah ini mungkin suatu saat anda akan mendengarnya. Ada juga sering disebut Awakening atau Kebangkitan/Kesadaran.

Spiritual Awakening atau kebangkitan spiritual artinya seseorang yang mulai terbangunan kesadaran dirinya atau jiwa (spirit). Dalam istilah Agama kita mendengar kata Hijrah atau mulai menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kebangkitan spiritual atau kesadaran jiwa lebih memiliki makna dan penjabaran lebih luas lagi karena kebangkitan spiritual tidak terjadi begitu saja dengan mudah tetapi melalui tahapan-tahapan perjalanan kehidupan sampai pada titik seseorang dikehendaki oleh Tuhan atau semesta untuk mengalami kebangkitan spiritual.

Semua orang dapat mengalami kebangkitan spiritual namun semua kembali lagi atas kehendak Tuhan. Mungkin pada kehidupan saat ini atau pada kehidupan berikutnya.

Pada dasarnya kebangkitan spiritual adalah proses di mana seseorang dibersihkan dari ego diri. Saya lebih senang menyebut proses pencucian diri oleh Tuhan. Ego kita dikikis dari jiwa, ego tidak akan hilang dari diri manusia namun perlu kesadaran untuk dikendalikan. Seseorang yang egois atau selalu mengutamakan ego akan dibersihkan habis-habisan hingga sadar bahwa kita bukanlah ego namun kita adalah kesadaran (consciousness) yang harus diutamakan

Spiritual Awakening merupakan proses pembersihan jiwa untuk meningkatkan kesadaran menjadi manusia yang lebih baik lagi. Bumi atau kehidupan yang kita jalani saat ini merupakan ruang pembelajaran jiwa untuk semakin tumbuh dan meningkatkan kesadaran. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari skenario Ilahi ini sehingga butuh dibersihkan jiwanya melalui kebangkitan spiritual.

Tujuan Spiritual Awakening


Semua atas kehendak Tuhan, manusia perlu mengalami kebangkitan spiritual karena bumi atau peradaban perlu lebih banyak orang-orang baik. Orang-orang yang semakin sadar akan kebaikan dan melakukan hal-hal baik di muka bumi ini karena jiwa yang telah tercerahkan.

Tanda – Tanda Spiritual Awakening atau Kebangkitan Spiritual


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak semua orang akan mengalami kebangkitan spiritual pada kehidupan saat ini, orang – orang yang mengalami kebangkitan spiritual saat ini terjadi atas kehendak Tuhan.

Tanda – tanda Awakening ini baru akan diketahui ketika orang tersebut tanpa sadar telah mengalami perjalanan kebangkitan spiritual. Tanda – tanda ini bersifat umum yang kebanyakan orang-orang yang awakening mengalaminya, pengalaman setiap orang unik dan berbeda-beda dalam perjalanan spiritual awakening.

1. Masalah Berat dalam Hidup

Tanda paling pertama jika orang akan mengalami awakening yaitu diperhdapkan dengan masalah yang paling berat selama hidupnya. Meskipun orang tersebut merupakan seseorang yang tangguh dan pantang menyerah namun masalah yang dia hadapi akan membuat dia benar-benar merasa hancur dan tak mampu menghadapinya sehingga dia akan sadar jika ada kekuatan yang lebih besar di luar dirinya yaitu Tuhan. Masalah – masalah seperti dililit hutang yang tak mampu dibayar, sakit berat yang sulit sembuh, meninggalnya anggota keluarga dan putus cinta atau berpisah (pacar/istri/suami).

Ketika seseorang menghadapi masalah terberat dalam hidupnya dan tak mampu menghadapi masalah tersebut sehingga dia akan pasrah, berserah bahkan menangis. Saat itu tak ada seorang pun manusia yang dapat membantunya ! saat itulah dia akan berserah kepada Tuhan. Biarkan Tuhan yang bekerja mengatur segalanya. Kita mulai menyadari bahwa semua kehidupan ini telah diatur dan ditentukan, kita bukanlah orang hebat, kita bukanlah orang pintar, kita bukanlah orang kaya semua itu atas kehendak Tuhan dan Dialah Maha Kuasa.

2. Telinga Berdenging

Mungkin terdengar tidak masuk akal bagi anda yang belum mengalami kebangkitan spiritual, namun salah satu tanda yang sangat umum yang telinga berdenging. Orang-orang yang secara tidak sadar memasuki perjalanan awakening akan bingung mengapa telinganya berdenging setiap hari, apa lagi ketika suasana hening.

3. Sinkronisitas

Sinkronitas merupakan proses kejadian diri kita telah terhubung dengan semesta. Situasi di mana akan banyak tanda-tanda semesta yang harus kita lihat dan dengar sebagai informasi atau petunjuk apa yang harus kita lakukan.

Misalnya anda akan melihat angel number (angka malaikat) atau angka kembar seperti 111, 222, 333, 444, 1111, 2222, 1212, 1010 dan masih banyak lagi. Angka kembar kadang terlihat saat anda melihat jam tangan, jam di HP, plat nomor kendaraan, ketika menonton youtube dan lain-lain.

Salah satu contoh kita akan makin menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah menjadi scenario Ilahi. Misalnya ketika mau pergi ke suatu tempat dan tiba-tiba akan keluar dari rumah, turun hujan. Jika kita mengikuti ego, maka kita akan tetap pergi namun ketika kita mendengarkan kata hati (intuisi) berarti mungkin itu adalah tanda bahwa kita jangan pergi karena akan ada sesuatu hal buruk akan terjadi saat berada di luar rumah. Nah, ketika mengalami awakening, kita akan mulai peka terhadap sinkronisitas atau komunikasi semesta kepada diri kita.

4. Bertambah Pengetahuan Tentang Tuhan dan Semesta

Kita akan mulai diarahkan oleh semesta untuk semakin belajar dan meningkatkan pengetahuan. Semua bukan kebetulan, seperti ketika berjalan anda akan bertemu dengan orang-orang yang paham tentang pengetahuan yang anda butuhkan, ketika melihat informasi di MEDSOS akan muncul apa yang sedang anda coba pahami. Pokonya anda akan dididik dengan semua pengetahuan tentang Tuhan dan semesta demi meningkatkan kesadaran jiwa dan menjadi manusia yang lebih baik lagi.

5. Sanksi Semakin Nyata

Jika anda terpilih untuk mengalami kebangkitan spiritual maka mau atau tidak anda harus menjalaninya. Kita akan semakin berhati-hati dalam menjalani hidup mulai dari perkataanmaupun perbuatan. Sebab ketika ketika kita berbuat hal buruk maka akan ada sanksi atau balasan dari perbuatan kita yang nyata dalam waktu singkat. Sehingga kita akan semakin sadari dan memperbaiki tingkah laku.


Wajar jika anda yang belum atau tidak mengalami kebangkitan spiritual tidak percaya ketika membaca tulisan ini. Namun, bagi anda yang sedang memasuki tahapan Awakening dan sedang mencari informasi, semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel