Ringkasan Kombinasi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ilmu sosial merupakan bidang ilmu pengetahuan yang sangatlah luas cakupannya, termasuk ilmu politik. Ilmu sosial sendiri telah mengalami kemajuan yang begitu pesat ke seluruh dunia sesudah Perang Dunia II berakhir. 

Baik masyarakat- masyarakat yang kehidupan ekonomi-nya telah menduduki peringkat tinggi, atau masyarakat yang masih pada posisi mengembangkan kehidupan materilnya maupun yang masih susah meningkatkan hal tersebut, sama-sama merasa perlunya akan ilmu-ilmu sosial, meskipun disisi kepentingan masing-masing berbeda secara keperluan.

Masyarakat yang kaya, biasanya memerlukan ilmu-ilmu sosial karena mengalami kekosongan hidup secara rohani, sedangkan masyarakat-masyarakat yang masih serba kekurangan memerlukannya sebagai ruang mempercepat jalan pembangunan kesejahteraan dirinya. Maka Ilmu politik adalah jawabannya dibalik upaya mensejahterakan rakyat.

Jadi bagaimana peran ilmu politik terhadap kebutuhan sosial? Sosial masyarakat yang didalamnya terdapat manusia sebagai unsur penting tentu memiliki tujuan dalam hidup, maka pasti manusia membutuhkan ilmu politik yang akan digunakan untuk mempermudah langkah-langkahnya dalam memperoleh tujuannya, baik secara personal maupun kelompok.

Dari tujuan diatas itulah ilmu politik selalu dikaitkan urusan pemerintahan dalam suatu negara. diamana, ilmu politik adalah alat penggagas tentang peran negara dalam mnghubungankan antara rakyat dan negara dengan menekankan pada pemahaman konsep kesejahteraan publik dan kebaikan sosial yang lebih besar. Di samping ikut memenuhi keperluan masyarakat diatas, juga memiliki posisi dan peran yang khas pada sebuah negara merdeka.

Negara Indonesia, yang merupakan negara demokrasi, mempraktekkan ilmu politik yang diterjemahkan ke dalam partai politik yang merupakan gambaran, peran rakyat dalam percaturan politik nasional atau dengan kata lain merupakan alat ukur tingkat partisipasi politik masyarakat. 

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Maka dapat dipahami bahwa jikalau sebelumnya Ilmu Sosial yang menghasilkan kehadiran Ilmu Politik, namun sekarang ilmu politik lah yang menjadi alat mensejahterakan subjek utama dalam ilmu sosial. Artinya, polarisasi kebutuhan telah berubah dan saling membutuhkan, dimana ilmu sosial menjadi topik kajian untuk memahami kehidupan rakyat sedangkan lmu politik bekerja sebagai alat penyediaan kebutuhan hidup rakyat.

Nah. Partai politik yang merupakan wadah penyaluran aspirasi politik rakyat diharapkan dapat hadir untuk mewadahi aspirasi politik rakyat yang terkristalisasi menjadi kebijakan publik yang populis dapat terwujud. Jika semuanya dapat di berkesenambungan dengan baik tanpa intervensi kepentingan yang korup, diharapkan sinergitas ilmu sosial dan ilmu politik dapat diterjemahkan kearah yang lebih baik.

Demikianlah uraian singkat tentang hubungan antara ilmu sosial dan ilmu politik yang perlu dikembangkan sehingga tujuan-tujuan suatu negara dapat terealisasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel