Cara Terbaik Menjadi Politisi Hebat Dalam Dunia Politik

Dunia politik merupakan dunia yang menarik untuk di ikuti, karena dipenuhi dengan berbagai jenis dinamika, seperti polarisasi strategi politik dan implementasi metodelogi politik. Atas dasar itu, tidak jarang dalam dunia politik dibutuhkan landasan pengetahuan yang matang dan keahlian yang handal untuk menjadi politisi yang cerdas dan berkredibel.

Dunia politik sendiri dapat dikatakan bukanlah dunianya semua orang. Dikarenakan sebagian orang-orang diluar sana masih melihat dan memahami politik dengan konotasi yang negatif, terlebih pada tokoh politisi. Padahal jika dilihat dari posisi politisi yang sesungguhnya. Politisi merupakan profesi yang memiliki peran strategis dan penting, sebab politisi terlibat langsung dalam proses kekuasaan di suatu Daerah maupun Negara.

Secara sadar, politisi adalah orang-orang mendapatkan kesempatan lebih banyak, baik mendapati kekuasaan, dapat menjalankan kekuasaan dan bahkan mempertahankan kekuasaan itu. Puncak dari kekuasaan politik jika dianalisis lebih dalam sebetulnya ialah, menciptakan kesejahteraan kepada rakyat, merancang sistem keamanan untuk rakyat dan menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyat di daerah tertentu atau dalam suatu negara.

Sisi lain yang tak kalah penting dari peran politisi ialah, mereka ikut langsung terlibat dalam pengeluaran kebijakan-kebijakan publik, seperti merancang kebijakan publik dan menetapkan kebijakan publik serta menjalankan kebijakan publik. Dimana kebijakan publik itulah yang akan bersentuhan nyata dengan kebutuhan hidup orang banyak. Demikian dari semua itu, maka menjadi seorang politisi merupakan posisi yang penting dan strategis.

Bagaimana proses menjadi politisi handal? Pertanyaan yang selalu muncul di kepala orang-orang yang ingin berkontentasi dalam dunia politik. Tentu untuk mencukupi hasrat menjadi politisi handal, maka landasan ilmu pengetahuan yang harus menjadi prioritas. Menurut saya, langkah pertama yaitu harus mencari pengetahuan politik di wadah alternatif, misalnya bergabung dan berproses dalam Organisasi Kepemudaan, Kedua Organisasi Massa Besar. Ketiga bergabung dengan LSM

1. Masuk Organisasi Mahasiswa dan Kepemudaan

Organisasi Mahasiswa dan kepemudaan sendiripun memiliki beberapa kategori sebagai berikut:

1. Organisasi mahasiswa dan kepemudaan yang berbasis agama. Seperti. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam (PMII), Persatuan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) atau Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI).

2. Organisasi kepemudaan berbasis Nasionalis. Seperti. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) atau organisasi khusus kedaerahan (paguyuban).

2. Masuk Organisasi Massa Besar

Terdapat beberapa bentuk organisasi massa yang memiliki proses perkaderan yang berfokus pada ilmu pengetahuan yang didalamnya juga termasuk pengetahuan tentang politk yaitu Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan atau organisasi khusus Kedaerahan dan Kesukuan.

3. Masuk Pendidikan Formal Politik

Langkah ketiga adalah proses yang cukup umum dilakukan oleh kebanyakan orang di dunia. yaitu dengan cara masuk kedalam suatu Perguruan Tinggi swasta maupun negeri, khususnya fakultas Ilmu Sosial dan Politik atau Fakultas Hukum. Maka secara otomatis anda akan mendapatkan pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu politik dan sekaligus memahami ilmu politik secara teoritik dan praktik.

Demikianlah langkah atau proses yang bisa anda gunakan. Karena bukan lagi menjadi hal yang tabu, jika didalam beberapa organisasi kepemudaan dan organisasi massa diatas. Tentunya memiliki sistem perkaderan dan proses perjuangan politik yang dimana dapat dijadikan sebagai bekal untuk memahami persoalan politik nasional maupun politik internasional.

Dengan bergabungnya anda semoga mendapatkan ilmu pengetahuan serta pengalaman yang nantinya menjadikan anda sebagai politisi handal yang didasari dengan basis ilmu politik serta networking yang luas.

Cara Terbaik Menjadi Politisi Hebat Dalam Dunia Politik

Tulisan ini merupakan seuntai analisis yang dilakukan secara pribadi "Subjektif" ketika ada salah seorang kawan yang datang bertanya dengan tertawa tentang bagaimana proses atau langkah-langkah menjadi politisi handal?. Maka sayapun berusaha menjawab dengan tertawa seperti di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel