Pengertian Tentang Hipokrisi dan Penjelasan Lengkap

Hipokrisi adalah kata yang jarang di dengar sebab kurang digunakan oleh banyak kalangan dalam percakapan sehari-hari. Saya pertama kali membaca kata ini "hipokrisi" ketika membaca buku "Catatan Seorang Demonstran" karya Soe Hoek Gie tahun 2014 kata itu sempat hilang pergi dari kepala saya dan takdir mempertemukan lagi ketika saya membaca buku Pramoedya Ananta Toer yang sekira bunyinya demikian " Stop rasialisme anti minoritas apapun tak harus lagi terjadi di Indonesia, sungguh suatu aib yang memalukan. 

Dari lebih setengah abad kita berpancasila bisa terjadi kebiadaban ini klau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan" sehingga menggugah kembali hasrat saya untuk mencari tahu tentang kata hipokrisi. 

" Saya memutuskan bahwa saya akan bertahan dengan prinsip-prinsip saya. Lebih baik diasingkan daripada menyerah terhadap kemunafikan" Soe Hoek Gie

Jika di telusuri mengenai kata hipokrisi dalam KBBI di artikan (kemunafikan). Dan dari Wikipedia: secara etimologi menjelaskan kata hipokrisi berasal dari Yunani ( Hipokrisis ) yang artinya. Cemburu, berpura-pura atau pengecut. 

Dan dalam penjelasan terminologinya ialah. Hipokrisi adalah secara terbuka menyatakan memiliki sikap atau bertingkah laku tertentu, tetapi kemudian bertindak dengan cara yang tidak konsisten.

Saya mencoba menganalisis konteks dari pemakaian kata hipokrisi dengan kedua buku diatas dan berusaha memahami arah dalam kata hipokrisi dengan contoh kasus diatas sehingga kita tidak terjadi kekeliruan dalam pemakaiannya.

Buku pertama. Soe Hoek Gie menempel kata hipokrisi kepada aktivis yang dulunya berjuang meruntuhkan rezim Soekarno pada akhirnya masuk menduduki jabatan tapi menjadi pelaku pengepul harta. Soe Hoek Gie menyebut mereka hipokrisi dengan ungkapan " mahasiswa yang bermental sok berkuasa yang akan merintih jika ditekan, tetapi menindas kalau berkuasa"

Kata Kunci: Mahasiswa, Aktivis, penghianat perjuangan


Buku yang kedua jelas mengurai tentang kekesalan pak Pram bahwa sekian lama beliau dibuang dan di asingkan dan dengan tanpa peradilan namun praktek rasialisme anti minoritas masih berlangsung. Kita bisa mengasumsikan kritik keras yang beliau ajukan ini mengarah kepada pemegang kekuasaan politik yang telah menggerus nilai moral dari pemerintahan yang sedang berkuasa. 

Politik telah menjadi semacam fanatisme yang membabi buta sehingga permainan isu politik rasialisme anti minoritas masih terjadi.

Kata Kunci: penghianat kekuasaan, rasialisme anti minoritas, penguasa politik


Sekarang kita bisa menarik benang merahnya bahwa konteks pemakaian dan pemaknaan kata hipokrisi lebih tepatnya dipakai sebagai kata untuk mengkritik, mengkritik sikap politik, sikap bernegara selebih sikap penguasa yang mengedepankan kepentingan pribadi, politik, kekuasaan yang jauh dari kepentingan rakyat. 

Pengertian Tentang Hipokrisi dan Penjelasan Lengkap

Analisis ini merupakan sebuah asumsi yang di kemukakan sebagai pemuas pertanyaan dan rasa penasaran saya pribadi terhadap kata Hipokrisi. Dan mengenai hasil dari analisis anda bisa berargumen sesuai pemahaman masing-masing. Sekali lagi. Anda bebas menginterpretasikan kata Hipokrisi 

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel