Tips Ujian Seleksi Kompetensi Bidang Agar Lulus CPNS

Pada bulan ini saya baru saja selesai melakukan tes Seleksi Kompotensi Bidang atau SKB dalam tahapan seleksi CPNS tahun 2019/2020. Pada tulisan ini saya membagikan tips-tips bagaimana cara agar kita dapat memperoleh nilai tinggi saat mengerjakan soal-soal SKB ketika ujian dan dapat lulus menjadi CPNS.

Seleksi Kompotensi Bidang atau SKB merupakan bagian tahapan dalam proses perekrutan CPNS, tahapan awal yaitu pengumuman pendaftaran, kemudian para peserta melakukan pendaftaran. Selanjutnya, pengumuman lulus administrasi dan mendapatkan peserta yang siap melanjutkan tahapan berikutnya. Selanjut tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Setelah lulus di SKD barulah peserta masuk ke tahap terakhir seleksi CPNS yaitu tes SKB.

Menurut saya tahapan SKB merupakan penentuan yang sangat berpengaruh pada kelulusan CPNS sebab pada tes seleksi komptensi bidang ini, nilai yang diperoleh terhitung 60% sedangkan ketika SKD hanya 40%.

Peserta yang mendapatkan nilai tinggi di SKD belum tentu atau tidak menjamin akan lulus sebagai CPNS karena saat memasuki tahapan SKB bisa saja dikalahkan oleh pesaing yang nilainya kecil dan hal itu sering terjadi dan hal juga terjadi tahun ini pada proses seleksi yang baru saja selesai.

Tips Ujian Seleksi Kompetensi Bidang Agar Lulus CPNS

Ada beberapa tips tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dapat saya bagikan agar teman-teman juga dapat mencapai nilai maksimal dari para pesaingnya saat mengikuti seleksi CPNS :

1. Minta restu orang tua dan keluarga

Percaya atau tidak, bagi saya juga sangat berpengaruh selain dari cara belajar dan kemampuan kita sendiri dalam mengerjakan soal CPNS. Sebelum menjalani tes SKB, minta restu dan keihklasan dari orang tua serta keluarga (adik dan kaka) serta keluarga lainnya agar menjadi kekuatan dan motivasi bagi kita untuk mampu unggul dan berhasil menjadi CPNS.

2. Persiapkan waktu belajar lebih banyak

Ada seorang teman saya belajar selama sebulan sebelum pelaksanaan SKB sedangkan saya sendiri menyiapkan waktu seminggu penuh untuk belajar sebelum memasuki jadwal pelaksanaan SKB. Jadi, saya akan menyarankan menggunakan waktu minimal seminggu untuk anda persiapkan diri dengan fokus belajar. Ingat, itu waktu minimal sedangkan selebihnya terserah anda.

Fokus untuk belajar, lupakan dulu kesibukkan anda yang lain. Misalnya nongkrong dan jalan-jalan. Kerja keras anda dengan fokus belajar pasti akan membuahkan hasil yang maksimal.

3. Cari tahu kisi-kisi secara menyeluruh

Biasanya akan ada kisi-kisi soal ujian dari KEMEN PAN-RB untuk setiap jabatan peserta tes. Namun alangkah baiknya jangan hanya berharap dari situ, melainkan bertanyalah ke teman atau kenalan anda yang sudah lebih dulu tes SKB dengan formasi jabatan yang sama dengan anda. Nah, dari situ anda akan mendapatkan gambaran atau kisi-kisi soal yang lebih terperinci sehingga anda dapat kembangkan lebih banyak.

4. Atur psikologi dan mental

Biasanya ketika beberapa hari akan melaksanakan tes SKB, mampu membuatkan ketegangan pada diri kita yang luar biasa. Nah, selain pintar secara materi, kita juga harus mampu mengendalikan mental sebelum tes SKB sebab hal itu juga berpengaruh.

Salah satu cara menjaga psikologi lebih baik yaitu jangan menyibukkan diri dengan hal lain selain belajar. Selanjutnya perbiasakan mendengar musik relaksasi saat tidur, hal itu juga dapat membuat kita lebih tenang dan tidak tegang.

Ketika tiba di lokasi tes, kurangi kesibukkan lain seperti banyak bicara ketika bertemu dengan teman. Fokus dan tenangkan pikiran anda agar lebih konstrasi ketika akan menjawab soal-soal SKB yang akan dihadapi.

5. Berdoa sebelum mulai menjawab

Pada umunya, berdoa merupakan sesuatu hal yang kita lakukan hampir setiap hari. Pada saat sebelum mulai menjawab soal, biasanya panitia akan memberikan waktu untuk berdoa maka manfaatkan waktu itu dengan berdoa secara khusu sebab itu juga mampu meningkat semangat dan konsentrasi ketika menjawab soal.

5 Tips Ujian Seleksi Kompetensi Bidang Agar Lulus CPNS

Demikain 5 Tips Ujian Seleksi Kompetensi Bidang Agar Lulus CPNS untuk anda yang akan melaksanakan tes SKB, semoga bermanfaat.

Cara Menghitung Nilai SKD dan SKB Agar Berpeluang Lulus CPNS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel