Contoh Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah Pribadi

Pada saat anda berencana untuk membangun sebuah rumah maka alangkah baiknya dibuat perhitungan atau besaran biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rumah hingga dapat ditempati atau dihuni.

Dalam menghitung sebuah besaran biaya maka perlu dibuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Rencana anggaran biaya ini bersifat umum karena hampir disemua bidang menggunakannya. Misalnya pada proyek sebuah pembangunan atau program-program bantuan dari pemerintah. Nah, kali ini kita akan menggunakan RAB untuk keperluan pribadi dalam rencana anggaran pembangunan rumah milik kita sendiri.

Bagian-bagian yang akan termuat dalam RAB yaitu nama bahan bangunan yang akan digunakan termasuk upah pembayaran tukang, jumlah bahan dan harga bahan yang akan dibeli berdasarkan harga di lingkungan tempat tinggal anda sebab harga barang bisa saja berbeda di setiap daerah.

Jika Anda merupakan seorang arsitek maka anda dapat menggambar sendiri rumah yang akan dibangun sehingga anda dapat mengetahui dengan jelas bahan apa saja yang akan digunakan dan jumlah bahan tersebut. Namun jika anda bukan seorang arsitek yang tidak berkompeten untuk menggambar sebuah rumah beserta perencanaan detailnya maka anda membutuhkan jasa seorang arsitek untuk menggambar rumah sehingga anda dapat mengetahui berapa jumlah bahan dan bahan apa saja yang diperlukan.

Seorang arsitek yang menggambar rumah akan dapat membuat secara detail bahan apa saja yang akan diperlukan serta berapa jumlah total semua jenis bahan untuk pembangunan rumah anda hingga selesai jadi silahkan gunakan jasa arsitek agar anda dapat membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Setelah mengetahui berapa jumlah bahan yang dibutuhkan secara keseluruhan selanjutnya anda melakukan pengecekan harga bahan-bahan tersebut di pasaran. Misalnya berapa harga semen, batako, besi, kayu dan lain-lain.

Kemudian jumlah bahan yang anda peroleh dari seorang arsitek yang menggambar rumah anda dikalikan dengan harga barang tersebut maka akan diperoleh jumlah biaya total yang perlu anda sediakan untuk membeli keseluruhan bahan bangunan tersebut.

Contoh Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah Pribadi

Misalnya jumlah semen yang dibutuhkan secara keseluruhan yaitu 26 sak dan harga di pasar 80 ribu rupiah maka tinggal dikalikan 26 x 80.000 itulah jumlah total biaya yang perlu anda siapkan untuk harga semen. Begitu juga dengan bahan-bahan yang lain.

Saya juga membuat sebuah video untuk menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk rumah serta format atau contoh RAB yang dapat anda download di bawah ini.

Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Rumah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel