5 Tips Belajar Pemrograman JavaScript Untuk Pemula

Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai saat ini. Saat kita ingin membangun web dinamis javascript adalah pilihan terbaik yang bias menjadi pilihan kamu agar halaman website menjadi lebih interaktif dan user friendly.

Javascript saat ini lebih banyak dipakai untuk pemrograman web, namuns etelah kemunculan Node JS sebagai kerangka kerja dari javascript memungkinkan kita untuk dapat membuat aplikasi desktop ataupun mobile.

Kedepannya trend penggunaan bahasa javascript akan semakin tinggi bahkan, jika kita melihat data di google trend, javas cript menempati posisi pertama bahasa pemrograman yang paling popular di seluruh dunia. Oleh sebab itu mulai dari sekarang kalian sudah harus segera belajar javascript agar tidak ketinggalan.

Sebelum kalian belajar lebih jauh, berikut ini saya bagikan 5 tips untuk teman-teman pemula yang ingin belajar javascrip :

1. Kenali sruktur sintak

Javascript mempunyai struktur sintak yang tidak begitu rumit, setiap kode  javascript diapit antara tag <script></script> yang nantinya akan dieksekusi oleh intrepeter.

2. Pahami Algoritma

Dalam dunia pemrograman pemahaman mengenai algoritma menjadi hal yang fundamental. Kita harus berlatih berpikir dan membua talur program sesuai dengan fungsi aplikasi yang dibuat agar membantu pengguna dengan fungsionalitas yang baik.

3. Cari Ilmu di berbagai sumber

Tidak hanya di sekolah/kampus kalian bisa belajar di perpustakaan, membeli buku di took buku atau ebook yang di jual di internet, jika kalian ingin yang gratis bisa belajar lewat blog atau website yang secara khusus membahas tentang pemrograman. Sekarang juga sudah ada youtube dan banyak channel khusus programming yang sudah membahas tentang pemrograman  javascript.

4. Praktek

Pada point ke 4 ini merupakan point yang sangat penting, kalian harus mempraktekan apa yang sudah kalian pelajari, karena programmer bukan soal menghafal tetapi bagaimana memahami dengan logika alur program yang dibuat, itu sebabnya diperlukan praktek yang terus menerus dengan menghadapi try dan error.

5. Gabung Komunitas

Agar pengetahuan dan skill kalian semakin meningkat, sebaiknya kalian mulai mencari teman/ komunitas yang memunyai minat yang sama, hal ini agar kalian bisa saling berkolaborasi dan belajar.

5 Tips Belajar Pemrograman Java script Bagi Pemula

Bagi anda yang ingin atau tertarik untuk belajar lebih banyak tentang programmer, anda dapat mendapatkan ilmu program secara gratis di Kelas Programer Belajar JavaScript

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel