Fenomena Alam : Halo Matahari Hari Ini di Kepulauan Sula

Matahari Cincin (Halo Matahari) - Pada hari ini tanggal 21 April 2020 tepat pukul 13.26 WIT saya melihat matahari cincin atau halo matahari dari depan rumah yang beralamat di Sanana, Maluku Utara. Semua berawal dari postingan gambar matahari cincin di media sosial seorang teman dan mengatakan coba keluar dan lihat matahari.

Dengan melihat foto yang diposting, saya berbegas keluar rumah dengan membawa kaca mata hitam agar lebih mudah menatap ke atas untuk mengambil gambar dan video. Fenomena alam matahari cincin atau halo matahari ini baru pertama kali saya melihat langsung.

Awalnya saya sendiri bingung ini fenomena alam tentang matahari tapi disebut apa ? kemudian setelah selesai mengambil gambar dan video lalu kembali masuk ke rumah dan membuka internet untuk mengetahui apa sebenarnya fenomena ini.

Dari beberapa sumber yang saya baca ada yang menyebutnya cincin matahari dan halo matahari namun lebih dominan disebut halo matahari.

Proses terjadinya halo matahari atau matahari cincin


Halo matahari merupakan fenomena alam yang tidak selalu terjadi. Halo matahari merupakan fenomena optis di alam yang terjadi karena pantulan atau pembiasan cahaya matahari itu sendiri. Fenomena optis di alam yang sering kita lihat terjadi yaitu pelangi.

Halo matahari adalah proses terjadinya lingkaran di sekitar matahari sehingga ada yang menyebutnya cincin.

Jadi fenomena alam halo matahari ini bukanlah hal yang mistis sehingga janganlah sering dikaitkan dengan kepercayaan akan terjadi sesuatu.

Tanggapan Netizen


Banyak sekali para pengguna media sosial yang mengupload gambar halo matahari dengan keterangan bermacam-macam. Ada yang sedih, ada juga yang berharap tidak terjadi musibah atau bencana.

Fenomena Matahari Cincin (Halo Matahari) Hari Ini

Namun, menurut saya apapun harapan orang-orang yang melihat fenomena alam ini merupakan hal yang wajar saja. Pada intinya ini merupakan fenomena alam yang sudah terjadi di masa lalu atau tahun-tahun sebelumnya.

Fenomena Alam : Halo Matahari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel