Pentingnya Organisasi Mahasiswa Pasca Kuliah Untuk Pekerjaan

Ternyata benar apa yang saya dan teman-teman diskusikan ketika masih menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, bahwa organisasi mahasiswa memiliki banyak sekali manfaat yang akan diperoleh oleh siapa saja yang serius berkecimpung dan belajar mengembangkan diri di organisasi mahasiswa.

Banyak sekali manfaat organisasi bagi mahasiswa, hal ini juga sering saya sampaikan ketika diundang menjadi pembicara pada kegiatan-kegiatan pengkaderan organisasi baik, organisasi di internal kampus maupun di luar kampus.

Manfaat organisasi bagi individu yang serius belajar dan beraktivitas dalam kegiatan-kegiatan keorganisasian seperti melatih bicara di depan orang banyak, mampu menemukan cara belajar yang baik, memotivasi diri untuk rajin membaca serta tak kalah pentingnya yaitu membentuk karakter yang mampu bekerja sama dalam setiap kegiatan.

Masih banyak lagi manfaat organisasi mahasiswa yaitu menjalin silaturahmi, memperoleh banyak teman dan memperluas komunikasi serta hubungan ke ranah nasional bagi organisasi yang memiliki pengurus pusat yang biasanya terdapat di ibu kota negara yaitu Jakarta.

Banyak saya temukan juga orang-orang atau mahasiswa yang acuh tau dengan organisasi ketika menjadi mahasiswa dan ada juga yang hanya iseng atau sekedar ikut-ikutan berkecimpung di organisasi mahasiswa namun tidak serius belajar serta membangun komunikasi sesama anggota. Padahal, dengan komunikasi yang baik serta aktif berkarir di organisasi dapat membantu atau mempermudah kita pasca kuliah nanti untuk mencari pekerjaan.

Kenapa bisa ? karena kita memiliki banyak kenalan atau anggota organisasi yang sudah bekerja banyak tempat. Nah, dari situ sebagai sesama orang yang berkecimpung dalam satu organisasi yang sama sudah barang tentu akan membantu untuk mendapatkan pekerjaan sebab kedekatan emosional sesama anggota sangat dekat.

Asal mula saya menulis ini yaitu ketika sedang nongkrong di kedai kopi dan ada seorang kenalan yang mengatakan " Seandainya waktu kuliah dulu aktif di organisasi tertentu, mungkin tidak sesulit ini "

Dia berkata demikian karena sedang mengikuti seleksi penerimaan salah satu lowongan pekerjaan. Artinya jika ketika kuliah dia aktif dalam satu organisasi mahasiswa tertentu maka ketika mengikuti seleksi seperti ini akan lebih dimudahkan karena bisa saja ada sesama anggota organisasi yang bekerja di situ.


Baca juga :

7 Cara Belajar Buat Mahasiswa yang Baru Masuk Kuliah Agar Lulus Tepat Waktu

5 Tips Memilih Judul Proposal Penelitian Mahasiswa Dengan Mudah

Maksud dimudahkan yaitu, akan terbagun komunikasi tentang apa saja materi yang harus dipelajari untuk tes (kisi-kisi), bagaimana tips agar lulus seleksi dan masih banyak lagi.

Jadi bagi anda yang masih menjadi mahasiswa saat ini, jadilah pribadi yang aktif beraktivitas pada salah satu organisasi kemahasiswaan dan berkarir di situ. Selain manfaat penting untuk diri anda, juga akan bermanfaat setelah kuliah nanti dalam memudahkan anda untuk memperoleh pekerjaan dari para senior yang sudah bekerja di banyak tempat.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Organisasi Mahasiswa Pasca Kuliah Untuk Pekerjaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel