Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak - laptop menjadi alat teknologi yang sangat membantu dalam segala hal baik pekerjaan, mendengarkan musik, bermain game dan menonton film. Untuk mendapatkan sebuah laptop kita harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit, apa lagi ketika membeli laptop yang spesifikasinya tinggi maka lebih banyak uang yang harus dikeluarkan.

Dengan harga laptop dan besarnya manfaat yang kita peroleh maka laptop yang sudah kita miliki harus dirawat dan dijaga dengan baik agar mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ketika kita lalai atau tidak benar-benar merawat laptop yang dipakai dan mengalami kerusakan maka dapat terganggu rutinitas kita dalam beraktivitas seperti menyelesaikan pekerjaan, tugas kuliah, hiburan dan lain-lain.

Memang pada dasarnya setiap perangkat teknologi yang dibuat akan mengalami kerusakan pada waktunya namun kita harus mampu menjaga agar tetap normal laptop yang kita gunakan sebelum masuk pada masa untuk rusak.

Nah, ada cara-cara yang perlu dilakukan untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama selama digunakan.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak


Berikut beberapa tips untuk anda merawat laptop yang dapat dilakukan yaitu :

1. Jauhkan laptop saat makan dan minum


Kita kadang merasa biasa-biasa saja ketika sedang makan atau minum di depan laptop ketika sedang asik, padahal hal ini dapat saja berbahaya karena minuman atau makanan yang kita makan dapat tumpah ke laptop. Air yang terkenan bagian luar dan dalam perangkat keras laptop dapat menyebabkan kerusakan.

Perbiasakan untuk tidak makan dan minum ketika sedang beraktivitas di depan laptop, mencegah kerusakan laptop seperti ini lebih baik dari pada anda akan memperbaiki kerusakan perangkat keras (hardwear) yang rata-rata cukup mahal biaya perbaikannya.

2. Letakkan laptop pada posisi yang baik


Hindari menggunakan laptop pada posisi yang tidak baik bagi laptop seperti di atas tempat tidur, kursi sofa dan bantal karena bagian bawah laptop membutuhkan ruang yang ideal untuk membuang panas dari dalam laptop.

Ketika saluran pembuangan panas terhambat akibat kita sembarangan meletakkan laptop dapat membuat komponen-komponen laptop bekerja dengan keras dan hal ini dapat memicu cepat mengalami kerusakan.


Letakkan laptop pada sesuatu yang datar seperti meja atau alat khusus untuk menaruh laptop seperti banyak dijual sehingga ruang di bawah laptop tetap terbuka bebas untuk siklus pembuangan panas.

3. Lama waktu pemakaian laptop


Agar laptop tidak cepat rusak dan bertahan lebih lama maka kita juga perlu mengatur dengan baik lama waktu ketika laptop digunakan. Jika anda berada dalam ruangan berAC, dapat menggunakan laptop hingga 7-8 jam nonstop namun ketika berada ruangan yang tidak berAC waktu pemakain laptop lebih sedikit yaitu 5 sampai 6 jam saja. Pemakain laptop yang lebih dari 8 jam tidak baik kesehatan laptop itu sendiri.

4. Lepas charger laptop ketika baterai penuh


Kebiasaan yang paling sering kita lakukan ketika sudah keasikkan di depan laptop yaitu lupa mencabut charger padahal baterai telah penuh. Colokan charger yang terus terpasang pada laptop saat baterai telah penuh dapat membuat baterai cepat cebol. Jika hal itu terjadi maka daya tahan baterai akan semakin menurun dan berujung pada kerusakan.

Baca juga : 3 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

5. Bersihkan laptop secara rutin


Laptop perlu dibersihkan secara rutin misalnya seminggu sekali atau kurang dari seminggu. Tersedia alat-alat yang lengkap untuk membersihan laptop, jangan gunakan kain lap yang kasar karena dapat membuat lecet pada body dan layar laptop. Bersihkan bagian-bagian penting seperti keyboard, permukaan body dan layar laptop.

6. Matikan laptop melalui menu shut down


Jangan mematikan laptop melalui tombol on - off melainkan melalui menu shut down karena laptop akan mati secara perlahan dengan menormalkan sistem sebelum benar-benar off. Hal menjaga agar tidak terjadi kerusakan pada perangkat lunak (softwear)

7. Simpan laptop pada tempat yang sejuk


Hampir kebanyakan produk selalu menyarankan untuk menyimpan di tempat sejuk, begitu dengan laptop. Menyimpan laptop pada suhu yang tinggi dapat membuat kerusakan.

8. Jangan menyimpan secara terbuka di mobil


Bagi anda yang bepergian dengan mobil agar perbiasakan menyimpan laptop di mobil bukan dalam keadaan terbuka atau mudah dilihat oleh orang karena dapat memicu tindakan pencurian dan anda akan kehilangan laptop. Simpan dalam mobil dengan keadaan tidak terlihat oleh orang dari luar, misalnya di dalam tas atau tutup dengan sesuatu yang lembut.

9. Jangan menaruh barang di atas laptop


Menaruh barang di atas laptop dapat menyebabkan kerusakan pada layar sebab terdorong ke keyboar. Apa lagi jika benda yang ditaruh cukup berat untuk skala laptop.

10. Gunakan alas keyboard


Anda dapat menggunakan alas keyboard untuk menjaga debu-debu dan kotoran yang mudah masuk ke tombol-tombol keyboard sehingga dapat menyebabkan tombol menjadi error atau tidak berfungsi.

Demikian 10 cara merawat laptop agar tidak cepat rusak dan dapat digunakan lebih lama. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel