SULABIOS (Sula Biodiversity Society) LSM Sumber Daya Alam

SULABIOS (Sula Biodiversity Society) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga non pemerintah atau Non Governmental Organization (NGO) yang didirikan oleh seseorang atau lebih dalam sebuah kelompok yang bertujuan bekerja sama dengan masyarakat tanpa mendapatkan bayaran atau memperoleh keuntungan lain dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Sula Biodiversity Society artinya kumpulan keanekaragaman hayati di Kepulauan Sula yang disingkat SULABIOS yang fokus bergerak dibidang keanekaragaman hayati atau sumber daya alam secara umum.

LSM SULABIO didirikan oleh saya dan Afendy Yainahu yang berawal dari diskusi kita bersama tentang bagaimana membantu pemerintah dalam membangun daerah di sektor sumber daya alam dengan bersentuhan langsung kepada masyarakat kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Kata SULA merupakan ciri khas yang menjelaskan bahwa SULABIOS berada di Kepulauan Sula dan orang-orang yang tergabung dalam LSM ini adalah generasi SULA yang telah menyelesaikan studi di luar daerah dan kembali untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, khususnya di Kepulauan Sula.

Maksud dan Tujuan SULABIOS


Maksud dan tujuan SULABIOS adalah untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia dan menjadi mitra kritis bagi berbagai pihak demi terciptanya keanekaragaman hayati berkisenambungan yang dilaksanakan secara profesional dan dilandasi dengan nilai-nilai iman dan amal untuk mencapai meridhoan Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, SULABIOS berupaya melakukan kegiatan-kegiatan berupa :

  1. Mengembangakn dan menjaga keanekaragaman hayati melalui, pendidikan, penelitian dan penerapan.
  2. Meningkatkan Komunikasi dan kerja sama antar anggota
  3. Menjalin komunikasi dan kerja sama dengan lembaga, instansi dan/atau organisasi profesi lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Merumuskan dan mengawasi pelaksanaan kode etik pelaksanaan yang berhubungan dengan keanekaragaman hayati oleh para anggotanya
  5. Melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat tentang keanekaragaman hayati dan lingkungan hidup
  6. Membantu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati dan permasalahan lingkungan hidup.

Jadi SULABIOS akan melibatkan diri untuk berperan dalam memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat tentang lingkungan hidupa atau sumber daya alam dalam menjaga keanekaragaman hayati flora dan fauna sebagai potensi-potensi alam yang ada di Kepulauan Sula.

SULABIOS (Sula Biodiversity Society) LSM Sumber Daya Alam


Bukan saja di Kepualauan Sula, SULABIOS juga akan membangun komunikasi dan kerja sama dengan lembaga-lembaga lainnya yang berada di provinsi Maluku Utara jika diperlukan.

Berbicara tentang sumber daya alam berarti pembahasan secara luas dan menyuluruh, artinya sudah termasuk keanekaragaman hayati dan lingkungan hidup termasuk juga manusia yang termasuk dalam komponen lingkungan hidup itu sendiri.

Dalam menjaga dan mengelola sumber daya alam agar berkisenambungan maka perlu diberikan pendidikan, pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam itu sendiri.

Semoga dengan adanya SULABIOS ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah dan lembaga terkait serta selalu mengedepankan profesionalitas dalam kerja sama untuk membangun bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "SULABIOS (Sula Biodiversity Society) LSM Sumber Daya Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel