7 Tips Ampuh Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari yang Sering Dialami

Tips Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari - Sulit tidur merupakan suatu masalah yang sangat menyiksa orang yang mengalaminya. Akibat dari susah tidur di malam hari dapat menyebabkan terganggunya aktivitas kita di siang hari hari karena ngantuk. Saya juga termasuk orang yang susah tidur di malam hari jadi dengan menulis tips mengatasi susah tidur ini semoga dapat membantu juga anda yang sulit tidur saat malam.

Ada sebagian orang yang mengatasi susah tidur mereka dengan meminum obat tidur, saya sendiri belum pernah meminum obat untuk mengatasi sulit tidur di malam hari karena takut akan ketergantungan dengan obat.

Bagi saya akan lebih baik jika kita menerapkan cara-cara yang alami untuk mengatasi sulit tidur karena kesulitan tidur saat malam dapat terjadi karena ada sebab-sebabnya. Nah, sebab kesulitan tidur inilah yang harus di atasi dengan tindakan alami tanpa harus meminum obat.

Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Malam


Barikut ini adalah tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sulit tidur di malam hari :

Menyibukkan diri di siang hari


Salah satu faktor yang membuat kita susah tidur di malam hari yaitu karena tubuh kita dalam kondisi prima atau tidak lelah. Biasanya orang yang lelah atau capek akan lebih cepat tertidur dibandingkan dengan orang yang tidak lelah.

Lakukanlah suatu pekerjaan di siang hari hingga anda merasa lelah, jika anda tidak memiliki kesibukkan saat siang, dapat mengisinya dengan olahraga agar tubuh merasa lelah. Dengan begitu akan dapat membantu anda untuk mudah tidur di malam hari karena kecapean.

Kurangi minum kopi


Ada orang yang sulit tidur saat malam karena minum kopi tapi ada juga yang tetap mudah tidur meskipun meminum kopi. Bagi anda yang termasuk kategori orang yang sulit tidur karena minum kopi maka hindarilah agar tidak meminumnya.

Bagi anda penikmat kopi, dapat kurangi untuk meminum kopi agar mempermudah anda untuk tidur saat malam hari. Saya termasuk penikamt kopi yang hampir setiap hari selalu ngopi, kadang sehari bisa 3 kali ngopi dengan teman-teman. Nah, kurangi kebiasaan ngopi yang berlebihan, misalnya sehari cukup sekali ngopi. Disampingkan itu, terlalu banyak minum kopi setiap harinya juga kurang baik untuk kesehatan.

Minum Jus Buah


Ketika sedang nongkrong bersama teman-teman di malam hari, saat lebih memilih meminum jus buah ketimbang kopi. Bagi saya, meminum jus buah selain baik untuk kesehatan juga membantu saya untuk mudah tidur di malam hari. Saya tidak menentukan apa buah yang baik, asalkan jus buah bagi saya sudah sangat membantu untuk tidur saat malam. Anda juga dapat mencobanya untuk mengatasi sulit tidur di malam hari.

Mendengarkan musik instrumen


Salah satu penyebab sulit tidur di malam hari yaitu terlalu banyak berpikir, artinya bukan saja satu hal yang dipikirkan tetapi banyak hal. Dengan banyak berpikir, akan dapat menyebabkan kita kesulitan untuk tidur. Mungkin anda juga pernah mengalaminya.

Untuk mengatasi pikiran yang bercabang saat malam, dapat dilakukan dengan mendengarkan musik instrumen pengantar tidur. Akan lebih maksimal lagi jika menggunakan headset.

Tips Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari yang Sering Dialami

Dengan mendengarkan musik intrumen, dapat membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan rilex sehingga mampu membuat kita untuk mudah tertidur. Tersedia banyak musik-musik intrumen pengantar tidur yang dapat anda donwload di youtube.

Musik pengantar tidur merupakan jenis musik yang memang sengaja dibuat untuk membantu orang-orang yang sulit tidur.

Tempat tidur yang nyaman dan aman


Tempat tidur yang bersih, rapi dan harum akan membuat kita lebih nyaman untuk tidur sehingga mampu menyebabkan kita untuk cepat tertidur. Ditambah lagi dengan suasana yang aman dari keributan atau ganggusn lainnya.

Kita akan kesulitan tidur jika banyak keributan di sekitar kita, apa lagi jika tempat tidur yang kotor dan bau busuk.

Selesaikan pekerjaan yang tertunda


Bagi seorang pegawai atau karyawan, pekerjaan yang belum selesai karena besok harus diserahkan kepada atasan juga akan mengganggu pikiran kita dan membuat sulit tidur. Selesaikanlah pekerjaan untuk dikumpulkan besok agar anda tidak terbebani dengan pikiran yang menyebabkan susah tidur karena memikirkan apa yang akan terjadi besok. Apakah dimarahi atasan atau tidak atau memikirkan alasan apa yang akan disampaikan besok.

Atur jam tidur anda dengan baik


Orang-orang biasanya memiliki jam tidur tertentu, jadi orang tersebut akan merasa ngantuk di jam tidur mereka. Jangan paksakan untuk tidur di sebelum jam tidur anda karena hal itu hanya membuat anda gelisah dan sulit tidur. Atur jam tidur anda secara rutin sehingga anda lebih mudah tertidur di malam hari.

Itulah tips-tips mengatasi sulit tidur di malam hari yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi anda yang sering sulit tidur saat malam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel