7 Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan - Sebagai manusia normal, kita membutuhkan sebuah kegiatan rekreasi atau perjalanan untuk kembali menyegarkan tubuh dan pikiran dalam mengimbangi aktivitas pekerjaan sehari-sehari. Dalam ilmu pariwisata alam dijelaskan bahwa rekreasi merupakan kebutuhan dasar manusia untuk memperoleh ketenangan dan penyegaran pikiran karena rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Misalnya anda adalah pekerja kantoran yang bekerja rutin setiap minggu maka diwaktu libur anda juga perlu melakukan rekreaksi atau jalan-jalan di alam terbuka.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk rekreasi sesuai dengan kesukaan anda. Ada orang yang lebih senang memilih pantai untuk rekreasi, ada juga yang memilih alam terbuka dekat perkotaan dan ada juga yang melakukan perjalanan mendaki gunung. Nah pada tulisan ini saya akan membahas khusus tentang manfaat mendaki gunung untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita sebab saya sendiri suka mendaki gunung.

Kembali pada sesukaan atau hobi masing-masing orang dalam melakukan rekreasi atau perjalanan, ada juga sebagian orang yang mengatakan kalau mendaki gunung itu kegiatan yang sulit maka mereka lebih memilih melakukan kegiatan rekreasi yang lain. Namun, bagi orang yang suka mendaki gunung akan mengatakan hal yang berbeda, kalau mendaki gunung itu merupakan suatu aktivitas yang nikmat dan tidak sulit dilakukan.

Manfaat Mendaki Gunung Bagi Tubuh dan Jiwa Kita


Melakukan rekreasi dengan mendaki gunung mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi kita selain jiwa yang bahagia, tubuh kita juga mnedapatkan manfaat yang baik akan kesehatan.

1. Melatih Manajemen Perjalanan


Saat akan mendaki gunung, kita biasanya merencanakan dari jauh hari sebelumnya mulai dari waktu, lokasi gunung dan perlengkapan yang akan dibawa. Nah, dengan sendirinya kita akan terbiasa untuk melakukan tindakan manajemen kepada diri kita sehingga kita semakin mampu untuk meningkatkan disiplin waktu dan semua yang dipersiapkan.

2. Menemukan Banyak Teman Baru


Orang kadang melakukan pendakian bersama teman-teman mereka, namun ada juga orang-orang baru yang ikut mendaki gunung. Biasanya orang-orang baru tersebut diajak oleh teman kita. Dengan begitu sudah pasti kita akan semakin menambah jumlah teman kita dengan bertemu dan mendaki bersama orang-orang baru.

3. Melatih Mengendalikan Sifat Egois


Karakter asli seseorang akan terlihat ketika kita berada di alam dalam pendakian, hal itu juga saya rasakan dan mengalaminya sendiri. ketika dalam perjalanan, seseorang bisa saja marah, sedih, sombong, rakus dan egois. Sifat asli manusia biasanya akan terlihat ketika dia merasa sulit.

Ketika seseorang terbiasa menyembunyikan karakter yang sebenarnya di kehidupan sehari-hari maka akan berbeda ketika dia melakukan perjalanan mendaki gunung, saat lelah dan harus mengatur tenaga dan logistik, akan terlihat sifat aslinya.

Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Ketika kita terbiasa mendaki gunung maka dengan sendirinya kita akan melatih diri untuk mengendalikan sifat egois seperti mau menang sendiri, lebih mementingkan diri sendiri dan tidak peduli pada keseusahan orang lain. Bagi anda yang terbiasa mendaki gunung pasti paham tentang hal ini.

Kita semakin mampu mengendalikan diri kita untuk menjadi lebih baik dengan melakukan pendakian gunung, itulah salah satu manfaat mendaki gunung.

4. Tubuh Menjadi Lebih Sehat


Mendaki gunung sama saja dengan melakukan sebuah aktivitas olahraga, membawa beban dan berjalan menaiki dataran tinggi membuat kita seakan sedang berolahraga melatih fisik kita. Dengan begitu tubuh kita menjadi lebih sehat.

5. Jiwa Menjadi Lebih Tenang dan Bahagia


Ketika kita sampai ke puncak gunung, semua masalah yang ada di dataran rendah seakan terlupakan semua. Hanya hati yang bahagia dan pikiran yang sangat tenang menikmati keindahan alam dari ketinggian. Keindahan yang memanjakan mata mambu menghadirkan rasa bahagia yang luar biasa. Dengan begitu, hati menjadi sangat bahagia dan pikiran menjadi tenang dan segar.

6. Meningkatkan Rasa Syukur Kepada Tuhan


Sebagai orang yang beragama, kegiatan mendaki gunung akan mampu membuat kita semakin meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala ciptaannya yang luar biasa indah.

Orang yang jarang melakukan perjalanan akan jarang melihat keindahan-keindahan alam yang banyak. Namun, dengan mendaki gunung dan melihat semua indahan dari puncak ketinggian, mampu membuat kita sadar bahwa batapa indahnya anugerah Tuhan yang diberikan untuk kita nikmati.

7. Melatih Kemampuan Adaptasi Lingkungan Sosial


Pada lokasi pendakian gunung yang baru saja kita sampai, kita juga perlu beradaptasi dengan warga masyarakat desa-desa sekitar lokasi pendakian. Maka secara langsung melatih kemampuan adaptasi di lingkungan sosial masyarakat. Kita melatih diri kita untuk lebih ramah, sopan dan menjaga tutur kata yang baik ketika berada lingkungan yang baru demi terjalin hubungan yang harnonis antara sesama manusia.

Begitu juga dengan teman-teman pendaki yang baru saling kenal, kita juga melatih diri kita untuk cepat berbaur dengan orang-orang yang baru dikenal untuk saling intensif berkomunikasi dan bahagia bersama.

itulah manfaat-manfaat mendaki gunung yang dapat saya paparkan untuk anda, apakah masih ada manfaat lain menurut anda ? Silahkan tambahkan pada kolom komentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel