Belajar Pemikiran Simone Weil Serta Karya-Karyanya

Belajar Pemikiran Simone Weil Serta Karya-Karyanya - Simone Adolphine Weil atau yang lebih dikenal dengan nama Simone Weil lahir pada 03 February 1909 di Paris, Prancis dan meninggal pada 24 Maret 1943. Simone Weil dalam kehidupan ilmu pengetahuan dikenal sebagai seorang Filsuf Mistik dan Aktivis Politik yang berkebangsaan Prancis.

Mengawali pendidikan awalnya di Lycce Fenelon dan mendapatkan bimbingan langsung dari filsuf Prancis nonkonformis yang bernama Emile Auguste Chartier dan kemudian berhasil memperoleh sarjana muda dalam bidang filsafat pada usia 15 tahun. Gadis muda yang diberkahi dengan otak yang cemerlang dirinya lulus ujian dan memenuhi syarat studi lanjutan di sekolah mewah di Prancis yang bernama, Ecole Normale. 

Dengan kecerdasannya dan tingginya nilai akademiknya itu maka di kemudian hari Simone Weil berhasil mencapai peringkat masuk ujian nasional dan menjadi sorotan karena sifat keras dan tidak fleksibel dan ditahun-tahun itu ia dijuluki sebagai Red Virgin karena bersifat keras dan picik.

setelah selesai menempuh pendidikannya, Simone Weil merupakan filsuf yang erkenal dengan minat dan perhatian utamanya di bidang Filsafat Politik, Filsafat Moral, Filsafat Ilmu dan Filsafat Agama ini, mengabadikan dirinya kedalam Aktivisme Politik, di sela-sela jeda menjadi Guru di beberapa sekolah. Namun karena masalah kesehatannya yang buruk membuatnya berhenti. 

Diketahui selama masa aktif dalam kegiatan aktivis politik, Simone Weil pernah menghabiskan waktu sebagai buruh pabrik mobil dengan tujuan dapat memahami kondisi buruh lebih dalam, sehingga upaya-upayanya dalam membantu gerakan serikat buruh sesungguhnya datang dari hal yang pernah dialaminya sendiri.

Meskipun dirinya tergabung dengan para intelektual sayap kiri, namun ketika abad ke-20, dia mulai cenderung kearah mistisme seiring bertambahnya usia hidupnya. Simone Well banyak menulis dan memiliki beberapa karya-karyanya yang sekiranya baru menarik banyak perhatian ketika masuk tahun 1950-1960 di benua Eropa.

Selebihnya Simone Weil memiliki ide-ide penting yang disebut, "Decreation, yakni. Melepaskan karunia kehendak bebas sebagai bentuk penerimaan dari segala sesuatu yang independen dari keinginan-keinginan tertentu". Disisi pemikiran Filsafanya, Simone Weil mengemukakan berbagai pendapat dalam beberapa prespektif seperti, Filsafat Mistisisme yang digambarkan sebagai penolakannya terhadap Perjanjian Lama secara keseluruhan karena cenderung lebih kepada Yudaisme, Filsafat Ketiadaan, dengan uraian berdasarkan Metafisika, Kosmologi dan Kosmogoni.

Adapun karya-karya yang dituliskan oleh seorang Simone Weil dengan berbagai judul sebagai berikut: Buku, Refleksi tentang Perang terbitan tahun 1933, buku Gravity and Grace terbitan tahun 1947, buku The Need for Roots terbitan 1949, buku Menunggu Tuhan terbitan 1950, Buku Surat untuk Seorang Religius terbitan 1951, buku Sumber Yunani terbitan 1952, buku Penindasan dan Kebebasan terbitan 1955, buku Simone Weil: An Antology dan terakhir buku Catatan tentang Penindasan Umum terhadap Partai Politik (2006).

Simone Weil

Demikianlah upaya untuk mengenal seorang Simone Weil seorang filsuf, aktivis dan mistikus berasal dari Perancis. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel