4 Dampak Positif dan Negatif Gerakan Aksi Mahasiswa

Apa dampak positif dari gerakan mahasiswa? Mempertanyakan gerakan mahasiswa atau lebih dikenal dengan Demonstrasi Mahasiswa sudah semestinya dipertanyakan dewasa ini, sebuah peristiwa dinamis yang sudah tentu selalu memberi pengaruh besar bagi realitas sosial politik. Demontrasi yang diatur dalam UU Nomor 9 tahun 1998 ini memiliki pengertian. 

Demonstrasi atau unjuk rasa adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan dan sebagainya secara demonstratif di muka umum. Adapun dampak yang di alami dapat kita kategorikan dengan dampak positif maupun negatif.

Dampak Positif Gerakan Aksi Mahasiswa


Berikut adalah dampak positif yang perlu kita ketahui :

1. Tersampainya aspirasi rakyat

Dengan adanya gerakan mahasiswa salah satu dampak yang terlihat adalah penyampaian aspirasi masyarakat yang kita kenal dengan “tuntutan” dapat tersampaikan secara langsung.

2. Lahirnya pemikiran baru

Dari gerakan mahasiswa lahir pula pemikiran baru yang membuka pikiran orang dan kesadaran orang, baik pemerintah maupun masyarakat terhadap kekeliruan ataupun masalah yang sedang dihadapi kedepan.

3. Terjadinya perubahan

Perubahan dalam hal ini adalah perubahan dalam iklim politik, sosial dan kebijakan, program ataupun keputusan pemerintah yang dianggap keliru yang tidak pro-rakyat.

4. Memperkaya Demokrasi

Dengan adanya demonstrasi sekaligus membuat masyarakat sadar akan bagaimana negara demokrasi bekerja dan dengan demontrasi juga diupayakan sebagai teguran pemerintah untuk membenahi segala persoalan yang ada disuatu negara.

Dampak Negatif Gerakan Aksi Mahasiswa


Dampak negatif yang harus kita ketahui dari setiap gerakan mahasiswa atau demontrasi ialah sebagai berikut :

1. Terganggunya ketertiban umum

Demonstrasi yang selalu digambarkan dengan massa atau berkumpulnya orang-orang mengakibatkan kemacetan dan sampah-sampah berserakan

2. Kerusakan fasilitas umum

Demonstrasi massa yang didalamnya sering terjadi tindakan anarkisme tak jarang banyak fasilitas yang rusak seperti, lampu jalan, taman kota, halte dan lain-lain

3. Mengurangi minat investor

Adanya demonstrasi tak jarang mengakibatkan para investor membatalkan niatnya untuk berinvestasi karena tingkat kenyamanan dan peluang keberhasilan dalam investasinya

4. Masyarakat ketakutan dan resah

Dari peristiwa demonstrasi yang sering terjadi kegaduhan dan anarkisme dari massa aksi mengakibatkan sebagian masyarakat merasa ketakutan dan resah sebab polusi dan tingkat anarkisasi yang terlihat dilapangan.

Jika kita ingin menguji efektifitas dari gerakan mahasiswa maka langkah pertama yang harus kita lihat adalah dampak-dampak tersebut diatas. Tetapi semua upaya penguraian diatas tidaklah mencoba mencari siapa atau sisi mana yang harus disalahkan ataupun menjelaskan kepada kita siapa yang harus dideskriditkan dalam perihal demonstrasi. 

Dampak Positif dan Negatif Gerakan Aksi Mahasiswa

Namun yang perlu kita ketahui ialah bahwa segala dampak yang terjelaskan diatas memiliki tujuan dan semua tujuan tentu memiliki resiko yang harus diterima.

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel