Contoh Proposal Penelitian Pemupukan NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Jabon Putih

Saat ini, investasi hutan rakyat sepertinya menjadi tren di Indonesia. Menanam pohon bukan hanya di lakukan oleh petani, telah di minati oleh berbagai kalangan. Untuk itu, minat masyarakat ini perlu di dukung oleh informasi yang akurat akan karakteristik jenis pohon dan teknik budidaya agar diperoleh hasil yang maksimum. 

Dengan pemilihan jenis pohon yang tepat dan teknik budidaya yang benar, investasi hutan rakyat tidak akan pernah rugi. Setidaknya, jika terjadi penurunan harga kayu, investor akan kehilangan sebagian dari keuntungannya, tidak akan sampai merugi. Hal ini terjadi karna marjin yang sangat besar antara nilai investasi dan harga jual, yakni bisa 10 – 20 kali lipat. 

Jabon putih (Anthocephalus cadamba) adalah salah satu jenis pohon asli Indonesia yang cepat tumbuh dan bila di eksplorasi lebih jauh bagian tanaman lainnya selain kayu (bunga, buah, daun, kulit kayu dan akar) berpotensi untuk di olah karna produk olahannyasudah di kenal di pasar dunia.

Bila sebelumnya jabon belum di kenal/di budidaya kan di Indonesia, tapi dua tahun trakhir ini masyarakt Indonesia sudah mulia melirik penanaman jabon sebagai ladang untuk berinvestasi sehingga tak heran pembudidayaannya sudah mulai banyak di galangkan.(Irdika dan Faisal.Maret 2011).

Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik.Material pupuk dapat berupa bahan organik ataupun non-organik (mineral).Pupuk berbeda dari suplemen.


Pupuk mengandung bahan baku yang diperlukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sementara suplemen seperti hormon tumbuhanmembantu kelancaran proses metabolisme. Meskipun demikian, ke dalam pupuk, khususnya pupuk buatan, dapat ditambahkan sejumlah material suplemen. Dalam pemberian pupuk perlu diperhatikan kebutuhan tumbuhan tersebut, agar tumbuhan tidak mendapat terlalu banyak zat makanan.

Terlalu sedikit atau terlalu banyak zat makanan dapat berbahaya bagi tumbuhan.Pupuk dapat diberikan lewat tanah ataupun disemprotkan ke daun.

Download Proposal Penelitian Pemupukan NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Jabon Putih ( Di Sini )

Belum ada Komentar untuk "Contoh Proposal Penelitian Pemupukan NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Jabon Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel