7 Cara Menulis Sinopsis Naskah Buku Dengan Mudah

Cara menulis sinopsis buku memang terlihat mudah namun jika kita menjadi penulis atau orang yang menulis buku tersebut akan terasa sedikit sulit, apa lagi jika kita masih menulis pemula atau orang yang baru saja belajar menulis naskah buku.

Kebetulan saat ini saya baru saja menyelesaikan naskah buku kedua saya, buku tentang puisi. Ada 101 puisi yang saya tulis dan menjadi buku antologi puisi. Buku pertama saya terbitkan melalui penerbit indie dan buku kedua saya ini telah dikirim ke penerbit gramedia ( Gramedia Penerbit Utama) dengan harapan naskah buku saya lolos seleksi dan diterbitkan sehingga mampu masuk dipasaran toko-toko buku Gramedia.

Pada buku kedua saya, penerbit mengharuskan membuat sinopsis sebagai syarat agar naskah dapat direview dan jika layak akan diterbitkan. Oleh karena itu, sehingga saya menulis sinopsis dari buku tersebut. Awalnya saya sedikit kebingungan bagaimana menulis sinopsis yang baik karena sebagai seorang penulis pemula yang masih banyak butuh pembelajaran.

Namun, dengan belajar dan membaca beberapa sinopsis dari buku-buku yang telah terbit, dapat menjadi referensi agar kita tidak kesulitan dalam menulis sinopsis buku.

Seperti yang kita ketahui bahwa sinopsis merupakan ringkasan atau gagasan utama sebuah buku yang ditulis oleh penulis buku tersebut sebagai sebagai sebuah rangkuman yang menggambarkan keseluruhan isi buku tersebut.

Cara Menulis Sinopsis Naskah Buku


Sebagai penulis buku karya anda sendiri sudah selayaknya isi penting atau rangkuman dari buku tersebut telah anda pahami dengan sangat detail.

1. Pahami keseluruhan isi buku

Sudah pasti anda sebagai penulis buku memahami keseluruhan isi buku yang ditulis menceritakan tentang apa. Jadi pahami secara mendalam semua isi buku, pesan apa yang ingin disampaikan kepada pembaca serta bagian terbaik dari halaman buku tersebut.

2. Bagian tulisan terbaik

Saya akan mencontohkan buku puisi yang telah saya tulis sinopsisnya. Ada satu puisi yang menurut saya terbaik dan sangat berkesan. Nah, penggalan isi puisi tersebut juga saya masukkan ke dalam sinopsis sehingga kita tidak perlu kebingungan memulai dari mana untuk menulis sinopsis.

3. Tulis kelebihan buku tersebut

Selain bagian tulisan terbaik, anda juga dapat menambahkan kelebihan dari buku tersebut tanpa harus menjatuhkan buku-buku yang lain. Misalnya apa yang menjadi keunikan dalam buku tersebut dan kenapa orang harus membacanya.

4. Pesan penting buku

Anda juga dapat menulis pesan penting yang ada dalam buku karya anda tersebut. Pesan moral apa yang ingin disampaikan, silahkan kombinasikan dengan beberapa point di atas.

5. Sinopsi buku tidak perlu kepanjangan

Ini hanya menurut saya, sinopsis buku merupakan ringkasan penting dalam buku jadi jangan kelebihan panjang sehingga sinopsis menjadi melebar. Buatlah beberapa paragraf, misalnya minimal 4 sampai 8  paragram.

Cara Menulis Sinopsis Naskah Buku Dengan Mudah


6. Minta penilaian orang lain

Kita akan menganggap buku kita sudah jadi dan ada calon pembaca yang akan membacanya. Minta tanggapan teman anda atau kenalan, biarkan dia membaca sinopsis buku tersebut serta melihat judul buku tanpa membaca isi buku. Lihat bagaimana tanggapannya, jika banyak yang mengatakan bagus maka gunakan tulisan tersebut sebagai sinopsis buku anda.

7. Konsultasikan ke penulis

Cara ini hanya berlaku jika anda mengenal penulis yang sudah menerbitkan buku atau teman seorang penulis. Minta tanggapannya, biarkan dia membaca sekilas isi buku agar saran yang dia berikan lebih tepat sasaran nantinya.

Itulah Cara Menulis Sinopsis Naskah Buku Dengan Mudah yang dapat anda lakukan sebagai penulis pemula, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel