Cara Merekam Video Melalui HP Android yang Benar Untuk Video yang Berkualitas

HP android memiliki banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh oleh pemiliknya selain dari fungsi utama yaitu untuk telepon dan sms. Banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan melalui HP android seperti kamera yang tersedia dengan berbagai kualitas. Orang-orang dapat mengambil gambar dan merekam untuk membuat video. Semakin baik kualitas kamera maka semakin baik pula hasil gambar dan video yang didapatkan. Namun pada tulisan ini bukan kamera HP yang akan dibahas tetapi cara merekam video yang benar sehingga mendapatkan kualitas video yang terbaik.

Masih sering saya melihat ada orang-orang yang merekam video dalam mempublikasikan segala aktivitas mereka seperti ketika sedang jalan-jalan atau liburan hingga nongkrong bersama. Namun masih terdapat kesalahan-kesalahan dalam teknik merekam video melalui kamera HP sehingga hasil video yang dupublikasikan melalui media sosial juga tidak terlalu menarik untuk ditonton.

Ciri-ciri video yang menarik untuk dilihat yaitu :


  • Video berukuran horisontal bukan vertikal
  • Video tidak buram
  • Suara video terdengar jelas
  • Video tidak goyang
Menurut penjelasan dari youtube video yang baik yaitu resolusi 240 p sampai 2160 p dengan rasio 426 x 240 sampai 3840 x 2160. Dari semu ukuran resolusi dan rasio tersebut kesimpulannya video berbentuk horisontal

Cara mendapatkan video terbaik melalui rekaman HP Android


Sebelum mulai merekam untuk membuat video dengan menggunakan HP anda, terlebih dahulu lakukan pengaturan kamera untuk video di HP agar saat merekam nanti kualitas video akan berkualitas baik

Buka kamera di HP lalu klik roda gigi di bagian atas untuk masuk ke pengaturan kamera dan pilih video untuk mengaturnya.

Pilih kualitas video maksimal HD 1080 p dan durasi video dapat anda sesuaikan dengan lama waktu kebutuhan lama waktu anda untuk membuat durasi video.


Sekarang pengaturan video pada kamera HP anda telah maksimal, dengan begitu setiap momen atau aktivitas yang akan direkam melalui kamera HP akan mendapatkan kualitas yang baik.

Cara yang benar untuk merekam video melalui HP


Sebelum menggunakan HP untuk merekam atau membuat video, perhatikan baterai kamera dalam keadaan penuh atau tidak. Jika batrei HP kurang dari 50% sebaiknya lakukan cas HP anda sampai penuh sebab daya baterai akan cepat habis ketika HP digunakan untuk merekam.

Ingat ! video yang baik berbentuk rasio horisontal jadi pegang kamera anda menjadi horisontal bukan vertikal. Jangan merekam dengan HP dalam keadaan berdiri (vertikal)


Jangan goyangkan HP

Agar HP tidak goyang, biasanya orang menggunakan tripod namun bagaimana jika anda tidak memiliki tripod atau merekam tanpa ada rencana sebelumnya ?

Cari posisi bersandar sambil memegang kamera atau anda dapat menaruh kamera di meja, kursi atau wadah yang diam sambil merekam agar kamera yang anda pegang tidak goyang sebab video yang berkualitas yaitu video yang tidak goyang.

Maksimalkan volume HP


Perhatikan volume HP sebelum mulai merekam agar suara objek atau kegiatan yang anda rekam terdengar jelas di video.

Simpan video di SD Card


Sebaiknya anda jangan menyimpan video di memori bawaan HP karena bisa saja akan penuh dan video gagal disimpan. memori HP memiliki kapasitas yang kecil. Simpanlah hasil rekaman video anda di SD card atau kartu memori yang lebih banyak kapasitas penyimpanannya, masih bingung caranya ?


Sekarang anda sudah dapat menghasilkan video yang berkualitas melalui kamera HP dengan melakukan cara-cara di atas. Demikian Cara Merekam Video Melalui HP Android yang Benar Untuk Video yang Berkualitas Cara Merekam Video Melalui HP Android yang Benar Untuk Video yang Berkualitas yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merekam Video Melalui HP Android yang Benar Untuk Video yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel