Cara Cek Plagiat Tulisan Blog di Small Seo Tools (recommended)

Cara Cek Plagiat Tulisan Blog di Small Seo Tools - Salah satu cara agar blog dapat berkembang dengan baik yaitu postingan-postingan blog harus asli hasil tulis sendiri dan bukan dari copy paste (COPAS) sebab google sangat menyukai artikel yang orisinil bukan dari hasil plagiat. Ada situs terpercaya yang sering saya gunakan untuk cek tulisan di blog plagiat atau tidak yaitu Small Seo Tools.

Plagiat artinya tulisan blog kita mirip dengan tulisan di blog secara terstruktur. Misalnya dalam satu kalimat semua kata dan susunannya sama dengan postingan blog lain maka dapat dikatakan kalimat tersebut plagiat baik disengaja atau tidak.

Contoh Blog Plagiat : 

Blog A telah membuat postingan blog terlebih dahulu dan sudah diindeks google kemudian blog B membuat postingan yang sama dengan blog A maka blog A dinilai plagiat. Jadi dilihat siapa yang lebih dulu membuat postingan.

Tulisan yang plagiat biasanya dinilai dalam skala persen (%) sebab analisisnya perkalimat atau kata yang terstruktur. Meskipun narasi kata sama namun tidak sama penempatan kata maka tidak dianggap plagiat.

Contoh Kalimat Bukan Plagiat :

Seorang blogger harus menulis sendiri di blognya

Menulis sendiri merupakan keharusan yang dilakukan oleh blogger pada blognya

Maknanya sama tapi tidak termasuk plagiat, kecuali semua kata dan susunan tulisannya sama. Jika kita terbiasa menulis sendiri di blog maka dapat dengan baik memastikan kalau tulisan blog tersebut benar-benar bebas dari plagiat. Namun, ada juga blog atau website yang telah menggunakan jasa penulis, baik itu sebagai karyawan atau hanya membayar per artikel yang ditulis, maka diharuskan untuk mengecek terlebih dahulu sebelum dipublish ke blog. Hal ini agar memastikan bahwa tulisan tersebut hasil plagiat atau tidak demi menjaga penilaian google yang baik terhadap blog kita.

Cara Cek Plagiat Tulisan Blog


Small Seo Tools merupakan situs yang menyediakan berbagai tools yang dapat digunakan secara gratis seperti cek plagiat tulisan, cek grammar kata dalam untuk bahasa inggris, membalikkan gambar, cek SEO blog, cek kecepatan internet dan juga merubah PDF ke word serta masih banyak lagi tools lain yang tersedia.


Untuk mulai melakukan pengecekan terhadap tulisan blog yang akan diposting pada blog yaitu terlebih dahulu masuk ke situs Small Seo Tools kemudian pada menu di sebelah kanan pilih Plagiarism Checker (cek plagiat).


Masukkan tulisan pada kolom di tengah dengan batas maksimal 1000 kata, jika anda memiliki jumlah kata lebih dari 1000 maka dapat melakukan pengecekan secara bertahap beberapa kali. Misalnya anda memiliki jumlah kata sebanyak 1500 maka lakukan dua kali pengecekan 1000 kata pertama dan 500 kata kedua.

Setelah 1000 kata dimasukkan, klik tombol Check Plagiarism di sebelah bawah kemudian tunggu proses pengecekan oleh Small Seo Tools hingga selesai. Hasil pengecekan plagiat dapat anda lihat di bagian bawah.


Hasilnya dalam bentuk persen (%) jadi kita dapat mengetahui berapa persen tulisan kita yang termasuk plagiat dan tidak. Pada kolom Unique adalah nilai tidak plagiat dan pada kolom lingkaran plagiarism adalah nilai plagiat.

Kalimat-kalimat hasil hasil pengecekan juga akan di tampil secara berurutan, setiap kalimat yang bukan plagiat akan ditandai dengan kata unique (warna hijau) sedangkan yang plagiat akan muncul keterangan plagiarisme (warna merah).

Solusi mengatasi tulisan plagiat


Cara mengatasi tulisan yang plagiat yaitu dengan mengedit kalimat yang terdeteksi plagiat tersebut. Anda dapat menambahkan kata-kata atau merubah sedikit susunan kata. Setelah itu lakukan pengecekan kembali hingga benar-benar tidak plagiat.

Denga melakukan cek tulisan blog plagiat atau tidak, kita akan semakin yakin dengan tulisan yang akan kita posting di blog. Jadi, sebelum mempublikasikan tulisan anda, lakukan pengecekan terlebih dahulu sebab jika sudah diposting maka google sudah mendeteksi tulisan plagiat yang ada dan itu kurang baik untuk penilaian blog.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel