Cara Membuat Blog Tidak Terindex di Pencarian Google

Cara Membuat Blog Tidak Terindex di Pencarian Google - Biasanya tulisan saya tentang tips blog selalu membicarakan tentang bagaimana caranya agar blog terindex google agar dapat tampil di halaman pertama google. Namun, tulisan ini sangat berbeda karena saya akan membahas tentang bagaimana caranya agar blog dan postingan yang ada tidak terindex oleh google sehingga tidak akan muncul dimesin pencarian google.

Mungkin anda akan bertanya kenapa harus membuat blog tidak terindeks atau dirayapi google ? padahal semua blogger menginginkan agar blog mereka cepat terindeks google.

Ada 2 tujuan membuat blog agar tidak dirayapi oleh google :

1. Sementara mendesain blog/website 


Pernah di tempat kerja saya dulu, atasan saya memberi tugas untuk membuat website kantor dengan menggunakan nama instansi tersebut. Sedikit membuat saya merasa kesulitan sebab desain websitenya harus mirip dengan kantor pusat. Padahal ada langkah termudah yaitu cukup meminta template website milik kantor pusat dan memasangnya pada website kantor daerah.

Akhirnya saya membutuhkan waktu beberapa hari untuk mendesain website tersebut, mulai dari pemilihan template yang mendekati kemiripannya penempatan widget dan warna. Selama proses pembuatan website tersebut, saya membuat website agar tidak terindeks oleh google sehingga tidak akan muncul ketika ada orang yang mencari sebab website tersebut masih acak atau belum siap.

Jadi, manfaat membuat blog/website tidak terindeks google yaitu ketika kita sedang dalam proses pembuatan. Jika sudah selesai, barulah disetting agar kembali dirayapi dan diindeks oleh google.

2. Blog yang dibuat khusus untuk percobaan


Membuat blog khusus yang digunakan sebagai percobaan juga termasuk blog yang tidak boleh terindeks oleh google sebab itu hanya blog uji coba. Misalnya kita akan menggunakan template baru pada blog utama yang telah besar atau berkembang pesat. Agar menjaga-jaga tidak bermasalah maka blog uji coba ini dapat digunakan sebagai percobaan. Selengkapnya telah saya tulis pada postingan Tips Uji Coba Template Pada Blog Percobaan Sebelum ke Blog Utama

Cara Membuat Blog Tidak Terindeks Google

Untuk membuat blog tidak terindeks oleh google sangatlah mudah hanya saja mungkin sebagian orang atau blogger yang belum memperhatikan pengaturan ini dashboard blogspot.

Buka dashboard blogspot, pengaturan dasar dan masuk ke sub menu privasi maka akan ada keterangan blog terdaftar di blogger dan dapat diakses mesin telusur. Cukup merubah terindek menjadi tidak terindeks dengan edit pilihan ya menjadi tidak pada blogger dan mesin pencarian, selanjutnya simpan perubahan.


Merubah pengaturan ya menjadi tidak maka blog kita tidak akan pernah terindex oleh google dan blogger termasuk mesin pancarian lainnya seperti bing, yahoo dan yandex. Begitulah cara membuat blog tidak terindeks oleh google dan manfaatnya di blogspot.

2 Komentar untuk "Cara Membuat Blog Tidak Terindex di Pencarian Google"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel