Cara Cepat Format Harddisk Eksternal Hanya Hitungan Detik

Harddisk terbagi dalam 2 penggunaan yaitu harddisk internal yang berada di dalam laptop berserta komponen perangkat keras yang lain dan harddisk eksternal yang berada di luar komponen laptop yang dapat kita pegang secara langsung dan dibawa kemana saja. Harddisk eksternal merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan data berupa file dokumen, foto, video, aplikasi dan lain-lain yang berhubungan dengan penggunaan komputer/laptop.

Baik harddisk internal maupun eksternal memiliki kemampuan atau daya simpan data yang terbatas sehingga bisa saja suatu saat akan penuh dan tidak lagi terdapat ruang untuk kita melakukan penyimpanan. Nah pada tulisan ini kita akan membicarakan harddisk ekternal yang sangat mudah kita gunakan untuk menyimpan file-file.

Harddisk eksternal terdapat berbagai ukuran, ada yang berukuran besar dan kecil, biasanya harddisk yang ukurannya lebih besar memiliki kapasitas lebih banyak untuk menyimpan dibandingkan dengan harddisk berukuran kecil. Namun, kebanyak orang akan lebih memilih harddisk berukuran kecil bagi yang hanya untuk copy dan salin file dan harddisk berkapasitas besar kebanyakan digunakan oleh orang-orang yang bekerja di dunia teknologi atau IT.

Dalam menggunakan harddisk eksternal, cepat atau lambat akan tiba saatnya penuh dan kita tidak lagi dapat menyimpan file-file di dalamnya sehingga solusi terbaik agar dapat digunakan lagi yaitu dengan cara mengapus sebagian file yang sudah tidak perlu. Apa bila semua file yang tersimpan akan dihapus maka tidak perlu menghapusnya satu persatu melainkan lakukan format harddisk agar semua file didalamnya terhapus semua dengan sangat cepat dalam satu tindakan.

Cara Cepat Format Harddisk Eksternal


Untuk memformat harddisk eksternal kita membutuhkan perangkat tambahan yaitu laptop atau komputer.


Colok harddisk eksternal anda pada laptop yang akan digunakan untuk format harddisk. Partisi harddisk akan muncul bersamaan dengan partisi yang ada di laptop, perhatikan di bagian menu PC. Selanjutnya klik kanan pada partisi harddisk dan pilih format.


Akan tampil menu format harddisk eksternal, centak pada quick format agar proses format harddisk menjadi cepat lalu klik Ok


Tunggu proses format harddisk sampai selesai dengan melihat tanda hijau di penuh, lalu klik ok



Sekarang harddisk eksternal anda sudah berhasil diformat atau terhapus semua file yang ada di dalamanya. Kapasitas daya simpan harddisk sudah kembali kosong seperti pertama dibeli dan harddisk kembali dapat digunakan untuk menyimpan file-file yang penting untuk kebutuhan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel